PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPERPOSITION THEORY BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH PRAKTIK DASAR TEKNIK ELEKTRO DI JURUSAN TEKNIK ELEKTROPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPERPOSITION THEORY BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH PRAKTIK DASAR TEKNIK ELEKTRO DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Alfian Ardhiansyah, 5302410080 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPERPOSITION THEORY BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH PRAKTIK DASAR TEKNIK ELEKTRO DI JURUSAN TEKNIK ELEKTROPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUPERPOSITION THEORY BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH PRAKTIK DASAR TEKNIK ELEKTRO DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2257Kb)

    Abstract

    Penggunaan media mampu menjadikan sebuah pembelajaran menjadi lebih efektif. Praktik dasar teknik elektro pada pokok bahasan teori superposisi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang belum memanfaatkan media yang efekti. Pelaksaan kuliah praktik teori superposisi, mahasiswa masih kekurangan waktu untuk menguasai teori tersebut. Pengembangan media pembelajaran superposition theory berbasis flash untuk menunjang mata kuliah dasar teknik elektro di jurusan teknik elektro perlu dilakukan sehingga dosen dapat memilih media yang tepat dan berguna untuk pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah mengembangkan media pembelajaran pada pokok bahasan teori superposisi agar semua mahasiswa dapat melakukan praktikum secara aktif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, angket atau instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dan ditetapkan produk sebagai media pembelajaran minimal dengan kategori layak. Hasil analisis angket uji validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 82,56%, dalam kategori sangat layak. Hasil analisis angket uji validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 79,70%, dalam kategori layak. Hasil uji coba kepada mahasiswa, diperoleh persentase sebesar 80,5%, maka berdasarkan hasil uji kelayakan oleh mahasiswa, media pembelajaran teori superposisi dengan flash dinyatakan layak digunakan. Saran Penelitian ini yaitu: (1) Materi yang ada dalam media pembelajaran masih terbatas dan perlu pengembangan lebih rinci lagi, perlu adanya penambahan animasi pendukung materi untuk membuat media pembelajaran lebih menarik. (2) Media pembelajaran ini hanya mensimulasikan gambar rangkaian, perlu pengembangan media pembelajaran yang bisa menggambarkan bentuk dan cara kerja alat HBEB3E sesuai bentuk aslinya, misalnya dalam bentuk tiga dimensi. (3) Bagi peneliti dibidang teknik elektro, dapat melakukan penelitian pengembangan ataupun eksperimen tentang media pembelajaran teori superposisi dengan mengembangkan atau ujicoba lain terhadap penggunaan media yang lebih interaktif, sehingga menambah inovasi dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Flash, media pembelajaran, superposition theory.
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 18:32
    Last Modified: 10 Nov 2015 18:32

    Actions (login required)

    View Item