STRATEGI, MASALAH, DAN UPAYA MENYINERGIKAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015

AmnaAulia, 3101411094 (2015) STRATEGI, MASALAH, DAN UPAYA MENYINERGIKAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2960Kb)

    Abstract

    Pendidikan memiliki pengaruh yang besar dalam kaitannya dengan kemajuan bangsa dan negara termasuk untuk mata pelajaran. Suatu sistem pendidikan tidak bisa terlepas dari kebijakan kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah. Pada Kurikulum 2013 konsep keterpaduan mata pelajaran IPSsudah cukup terakomodasi. Namun dalam pelaksanaannya mata pelajaran IPS Terpadu seringkali belum terpadu. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui strategi pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015, (2) mengetahui masalah dalam pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015, (3) mengetahui upaya menyinergikan pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, wakil kepala bidang kurikulum dan juga siswa di SMP Negeri 2 Magelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Magelang mengacu pada standar isi kurikulum 2013, selain itu guru juga melakukan persiapan sebelum pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII SMP Negeri 2 Magelangsudah berjalan sesuai perencanaan walaupun kadang tidak sama persis dengan strategi yang dirancang sebelumnya.Masalah yang timbul berupa latar belakang pendidikan guru bukan dari pendidikan IPS Terpadu, selain itu masih ada siswa yang kurang konsentrasi dalam pembelajaran, ditambah lagi dengan rusaknya sarana berupa LCD di beberapa kelas dan adanya jadwal IPS Terpadu di siang hari.Pelaksaan kurikulum 2013 juga menjadikan guru merasa terbebani dengan berbagai bentuk penilaian, pendekatan pembelajaran, hingga pengorganisasian pembelajaran. Untuk itu guru mengupayakan evaluasi pembelajaran untuk menyinergikan masalah dalam pembelajaran. Selain itu guru juga mengikuti berbagai pelatihan serta pertemuan MGMP guna menambah pengetahuan serta berbagi informasi tentang pembelajaran IPS Terpadu. Pada akhirnya, peneliti menyarankan bagi pemerintah untuk mengkaji ulang kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan beban guru. Selain itu, diperlukan hubungan yang harmonis dari pihak sekolah, guru, wali murid serta peserta didik dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPS Terpadu
    Subjects: L Education > LA History of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 18:27
    Last Modified: 10 Nov 2015 18:27

    Actions (login required)

    View Item