PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN KERJA STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK PALEBON SEMARANG TAHUN 2014/2015


Ida Royani, 7101411001 (2015) PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN KERJA STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK PALEBON SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411001-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa kelas XI Akuntansi di SMK Palebon Semarangtahun ajaran 2014/2015masih tergolong rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakahpengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, adakah pengaruh motivasi kerja terhdap kesiapan kerja, apakah motivasi kerja memediasi pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, adakah pengaruh prestasi akademik terhadap kesiapan kerja, apakah motivasi kerja memediasi prestasi akademik terhadap kesiapan kerja, adakah pengaruh prestasi akademik terhadap praktik kerja industri, apakah praktik kerja industri memediasi prestasi akademik terhadap kesiapan kerja.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Palebon Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 sejumlah 83siswa. Metode pengambilan sampel menggunakansampel jenuh.Variabel dependen dalam penelitian ini ialah kesiapan kerja danvariabel independennya prestasi akademik, sedangkan variabel Interveningnya praktik kerja industridan motivaasikerja.Teknikpengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, ada pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja,motivasi kerja secara signifikan menjadi mediasi pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, ada pengaruh positif dan signifikan prestasi akademik terhadap kesiapan kerja, motivasi kerja secara signifikan menjadi mediasi pengaruh prestasi akademik terhadap kesiapan kerja, ada pengaruh signifikan dan positif prestasi akademik terhadap praktik kerja industri, praktik kerja industri tidak signifikan memediasi pengaruh prestasi akademik terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa praktik kerja industri, prestasi akademik berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja baik langsung maupun melalui motivasi kerja. Saran untuk meningkatkan praktik kerja industri, dan prestasi akademik melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja dapat ditempuh dengan meningkatkan indikator-indikator praktik kerja industri dan prestasi akademik. Selain memperhatikan praktik kerja industri dan prestasi akademik yang perlu diperhatikan adalah dengan meningkatkan motivasi kerja, sehingga kesiapan kerja siswa semakin optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja, Praktik kerja industri, Prestasi Akademik, dan Kesiapan kerja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:27
Last Modified: 10 Nov 2015 23:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item View Item