EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL AMPLIFIER BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dwiana Endar Setiadi , 5302410083 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL AMPLIFIER BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410083-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Differential Amplifier terhadap hasil belajar dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran lain pada mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Bentuk quasi experimental design yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan dipastikan kesetaraannya (matching) sehingga diperoleh mahasiswa kelompok 1 (kelompok eksperimen) dan mahasiswa kelompok 2 (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Data diperoleh dengan mengambil dua macam data yaitu data kemampuan awal mahasiswa melalui pretest dan data setelah mahasiswa diberikan perlakuan (treatment) melalui posttest. Pretest maupun posttest diberikan pada semua sampel, dari data yang dihasilkan kemudian dilakukan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis meliputi uji beda dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen sebesar 84,4, sedangkan kelompok kontrol sebesar 74. Hasil uji hipotesis variabel hasil belajar mahasiswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran terbukti efektif terhadap hasil belajar pada pokok bahasan Differential Amplifier. Saran peneliti yaitu pendidik dapat menggunakan media Differential Ampilifier yang telah dikembangkan dengan Adobe Flash Professional CS6 dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif memudahkan peserta didik dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil belajar, Differential Amplifier.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:27
Last Modified: 10 Nov 2015 23:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item View Item