PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Rizqa Ayu Ega Winahyu, 3101411083 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman mengenai penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah sangat penting. Keberhasilan pelaksanaan pendekatan saintifik sangat dipengaruhi oleh tingkat kesiapan dalam melakukan pembelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah pemahaman guru sejarah terhadap pendekatan saintifik?, 2) bagaimanakah pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Magelang?, 3) kendala apakah yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik?, dan 4) bagaimanakah upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga menghasilkan data deskripsi. Lokasi penelitian terletak di SMA Negeri 2 Magelang. Informan dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran sejarah dan beberapa siswa kelas X dan XI progam IIS maupun MIA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bapak/Ibu guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Magelang memiliki pemahaman mengenai pendekatan saintifik yang berbeda-beda. Pemahaman diperoleh dari hasil mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan dan instansi lainnya. Dalam pelaksanaan pendekatan saintifik beberapa guru mencoba melakukan kreasi dalam proses pembelajaran. Kendala yang ditemui berbagai macam saat pelaksanaan misalnya, kesiapan untuk belajar, keaktifan bertanya, ketepatan mencari informasi, kemandirian dalam berfikir serta kepercayaan diri saat melakukan presentasi. Selain itu sarana dan prasarana yang disediakan sekolah tidak berfungsi sebagaimana mestinya seperti, LCD. Upaya yang dilakukan guru saat pelaksanaan dengan melakukan persiapan, memancing siswa bertanya, memberikan informasi terlebih dahulu agar mendapat informasi sesuai yang dibutuhkan, mendampingi siswa dan memberikan motivasi, mengikuti jalannya diskusi sambil mengarahkan ketika siswa butuh arahan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Magelang sudah berjalan akan tetapi dalam pelaksanaan pendekatan saintifik Bapak/Ibu guru mengalami kendala pada pelaksanaannya maupun dari faktor lain sehingga, Bapak/Ibu guru mengupayakan berbagai hal untuk mengatasi kendala tersebut. Saran untuk Bapak/Ibu adalah untuk menambah pemahaman dengan mengikuti pelatihan lebih banyak. Dalam pelaksanaan penerapan saintifik diharapkan guru lebih kreatif dan melakukan inovasi. Kendala yang ada hendaknya diatasi dengan upaya yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Sejara |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 23:22 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 23:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20876 |
Actions (login required)
View Item |