PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZENER DIODE SPECIFICATION BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA
Dwi Asmaraning Muhammad, 5302410091 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZENER DIODE SPECIFICATION BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jurusan teknik elektro Unnes mempunyai sebuah alat praktikum yaitu HBE-B3E. Namun alat ini mempunyai keterbatasan yaitu dari segi jumlah. Alat ini hanya ada satu, sehingga kurang efektif unuk praktikum mahasiswa, khususnya pada materi dioda zener. Dengan latar belakang tersebut muncul permasalahan, bagaimanakah membuat media pembelajaran alat praktikum HBEB3E dengan materi Zener Diode Specification berbasis flash untuk menunjang mata kuliah elektronika dan apakah media pembelajaran tersebut layak digunakan untuk kegiatan perkuliahan mata kuliah elektronika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash dan melakukan uji kelayakan media pembelajaran. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran lebih interaktif dan menarik minat mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Metode penelitian ini digunakan untuk menyelesaikan masalah pengembangan suatu produk dan melakukan pengujian terhadap produk tersebut. Pengujian dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, kemudian produk diujicobakan pada mahasiswa. Data diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada user (mahasiswa). Pengukuran skala digunakan skala likert untuk mengetahui kelayakan produk. Media pembelajaran alat praktikum HBEB3E mengenai Zener Diode Specification berbasis flash dibuat melalui lima tahap yaitu mempelajari cara kerja alat praktikum HBE-B3E, menyusun komponen animasi media pembelajaran, membuat komponen tampilan menu utama, membuat simulasi dioda zener, dan menyusun materi dan komponenkomponen pendukung dari media. Dalam pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 84,28% yang masuk dalam kategori setuju. Pada uji kelayakan ahli media mendapatkan skor 80% yang termasuk dalam kategori setuju. Hasil pengujian kepada mahasiswa pada aspek hasil program mendapatkan skor prosentase 76% yang masuk dalam kategori setuju. Pada aspek keefektifan bagi mahasiswa mendapatkan skor 77,39% yang masuk dalam kategori setuju. Berdasarkan hasil dari pengujian terhadap dosen ahli materi, ahli media dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Zener Diode Specification berbasis flash layak digunakan sebagai media penunjang mata kuliah elektronika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Zener, Diode, Flash,HBE-B3E,Media, Elektronika, Research and Development. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 23:23 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 23:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20875 |
Actions (login required)
View Item |