EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MANFAAT, KEUNTUNGAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 JUWANA


Indah Setyorini, 7101410260 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MANFAAT, KEUNTUNGAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 JUWANA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410260-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran ekonomi merupakan cabang dari ilmu sosial yang berkaitan sekali dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat menghubungkan antara teori dan kehidupan sehari-hari, agar pembelajaran dapat mudah dipahami oleh siswa. Model pembelajaran yang sesuai Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Kompetensi Dasar manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdangan internasional. Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Juwana tahun pelajaran 2013/2014. Teknik Simple Random Samplingdigunakan dalam pengambilan sample, sample yang terpilih yaitu kelas XI PS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction)sedangkan kelompok kontrol diberi pengajaran dengan model konvensional. Variabel penelitian ini terdiri dari hasil belajar (Y) dan model pembelajaran PBI (Probelm Based Instruction)(X). Metode pengumpulan data dilakukan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antar kedua kelas dilihat dari nilai pre-testdan post-test. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata pre-testkelas eksperimen sebesar 71,20 sedangkan post-testsebesar 85,37. Pada kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh nilai pre-test70,20 sedangkan post-testsebesar 78,76. Diperoleh total efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBI (Probelm Based Instruction)dibandingkan dengan menggunakan model konvensional yaitu sebesar 15%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Ekonomi kompetensi dasar manfaat, keuntungan dan faktor-faktorpendorong perdagangan internasional dengan menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction)lebih baik signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction),Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:19
Last Modified: 10 Nov 2015 23:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item View Item