PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURA KELUAR PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG


Coren Stevfany, 7101410259 (2015) PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURA KELUAR PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410259-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Surat menyurat merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan tujuan suatu organisasi. Surat menyurat juga sangat penting karena dapat menjalin keharmonisan dengan instansi lain maupun dengan masyarakat sekitar.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan surat masuk dan surat keluar,sarana prasarana yang digunakan dalam pengelolaan surat, serta mengevaluasi kendala-kendala yang terjadi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang merupakan penelitian yang meneliti suatu fenomena atau kejadian yang terjadi dan hasilnya berupa pendeskripsian dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang bersifat induktif dengan memanfaatkan berbagai metode penelitian. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data adalah wawancara dengan para nara sumber yang terlibat dalampengelolaan surat masuk dan surat keluar dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan surat masuk dan surat keluar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang untuk pencatatan surat masuk menggunakan buku agenda. Langkah pengelolaan surat masuk pada kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang yaitu: penerimaan surat, pengecekan alamat surat, pengecekan lampiran surat (ini jika ada), mencacat surat tersebut dibuku agenda surat masuk, pemberian cap/stempel, pencatatan dibuku ekspedisi surat masuk, surat dilampirkan lembar disposisi untuk dinaikkan kepada atasan/pimpinan, untuk proses yang terakhir yaitu penindaklanjutan. Langkah pengelolaan surat keluar pada kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang yaitu: pembuatan konsep surat, konsep surat dimintakan persetujuan kepada pimpinan, setelah konsep disetujui langsung diketik, surat digandakan dan segera dimintakan tanda tangan kepadapimpinan, pencatatan pada buku agenda surat, pemberian nomor surat dan cap dinas, penyampulan surat, pencatatan dibuku ekspedisi surat keluar, surat siap kirim.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan surat masuknya masih terdapat kendala yaitu ada beberapa surat masuk yang seharusnya semua surat yang masuk ke Badan Kepegawaian Daerah lewat Subbagian Umum, ini langsung disampaikan kepada unit/bidang yang bersangkutan/pimpinan sehingga surat masuk tidak terlampir lembar disposisi dan tidak tercatat pada buku agenda. Sedangkan untuk kendala yang ada pada pengelolaan surat keluar yaitu tidak adanya staf khusus yang mengelola kegiatan surat keluar. Berdasarkan hasil penelitian pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang maka penulis memberikan saran sebagai berikut: Diharapkan pada kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang 1) memberikan kepelatihan pada pegawai mengenai bagaimana pengelolaan surat yang efektif dan efisien, 2) dan diharapkan dalam pengelolaan suratnya dilakukan berdasarkan pedoman petunjuk yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Surat Masuk, Surat Keluar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:16
Last Modified: 10 Nov 2015 23:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item View Item