PENERAPAN APLIKASI “LST BERBASIS FLASH XML” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DI KELAS X SMK HKTI 2 PURWAREJA KLAMPOK


Hendy Arief Hidayat, 5302410096 (2015) PENERAPAN APLIKASI “LST BERBASIS FLASH XML” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DI KELAS X SMK HKTI 2 PURWAREJA KLAMPOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410096-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang diterapkan sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi perkembangan teknologi komputer. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Flash XML yang disebut LST. Tujuan penelitian ini untuk membuat media pembelajaran, mengetahui kinerjanya, kelayakannya, dan meningkatkan pemahaman siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Tahap pengembangan ada lima yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, dan ujicoba lapangan. Pengujian kinerja dengan melakukan Black Box Testing. Pemahaman siswa dapat diketahui dengan pretest dan postest. Peninjau dan penilai dalam penelitian ini adalah dua ahli media dan materi serta 30 siswa untuk mengetahui dampak penerapan media. Lokasi penelitian SMK HKTI 2 Purwareja Klampok. Metode mengumpulkan data menggunakan angket dan tes. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa skor dan persentase pada skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembuatan LST melalui lima tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, ujicoba lapangan, dan diseminasi terbatas (2) Kinerja LST setelah dilakukan Black Box Testing, diperoleh hasil bahwa LST sudah berfungsi dengan baik dan benar, (3) Kelayakan LST dapat dilihat dari 2 pengujian yaitu: (a) Berdasarkan validasi ahli media,media pembelajaran ini telah layak digunakan sebagai sumber belajar dengan kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 86.67%, (b) Berdasarkan validasi ahli materi, media pembelajaran ini juga telah layak digunakan sebagai sumber belajar dengan kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 86.25%, (4) Data rata-rata pretest siswa sebesar 40,17 dan untuk posttest sebesar 80,50. Dari data tersebut diperoleh skor gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori sedang untuk peningkatan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LST berbasis flash XML, media pembelajaran, sejarah perkembangan teknologi komputer
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:17
Last Modified: 10 Nov 2015 23:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item