PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN(2013-2014)


Tri Lestari, 7101410256 (2015) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN(2013-2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410256-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian siswa setelah melalui berbagai macam proses belajar dan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dan kegagalan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kedawung Sragenturun terun menerus. Hal ini diduga karena adanya pengaruh perhatian orang tua, konsep diridan motivasi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan konsep diriterhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Sragen.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Kedawung tahun 2013-2014 yang berjumlah 188 siswa, kemudian di ambil sampelsejumlah 66Siswa, pengambilan sampel ini menggunakan metode proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis jalur secara simultan (uji F) dan parsial pada level signifikan 5%.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengaruh perhatian orang tuaterhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadubaik secara langsung maupun melalui motivasi belajarberpengaruh positif.Untuk pengaruh konsep diriterhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadubaik secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Perhatian orang tua yangbaikakanmenunjang hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Sedangkan pengaruh secara tidak langsung yaitu melalui variabel motivasi belajarterhadap Hasil belajar, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Ini berarti memperlihatkan bahwa motivasi belajar mempunyai peran dalam mempengaruhi hasil belajar.Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua dan konsep diriberpengaruh terhadap motivasi belajar. Perhatian orang tua dan konsep dirijuga berpengaruh secara langsungdan tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu bagi orang tuadiharapkan untuk meningkatkan perhatian terhadap anak mereka yang berperan sebagai siswa.Bagi siswaagar senantiasa percaya diri dalam belajar. Diharapkan pula kerjasamanya dari guru bidang studi IPS Terpadu dan orang tua siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara memberi motivasi siswa agarlebih giatlagi dalambelajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:13
Last Modified: 10 Nov 2015 23:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20871

Actions (login required)

View Item View Item