PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISTEM MODULASI AMPLITUDO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI


Febriyan Dwi Saputro, 5302410117 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISTEM MODULASI AMPLITUDO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410117-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya mahasiswa dalam memahami materi pada mata kuliah dasar telekomunikasi yang disebabkan karena media pembelajaran sebelumnya masih kurang interaktif dan belum menumbuhkan minat belajar mahasiswa. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia pada sistem modulasi amplitudo. Media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa menguasai materi dengan pembelajaran yang lebih interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan dan mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi sistem modulasi analog khususnya sistem modulasi amplitudo dari sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) untuk mengembangkan produk media pembelajaran berbasis multimedia pada sistem modulasi amplitudo dan menguji keefektifan produk yang telah dikembangkan. Prosedur kerja dari penelitian ini dimulai dari studi literatur, studi lapangan, analisis kebutuhan, desain produk, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba kepada pengguna, revisi akhir, kemudian pengambilan data pemahaman materi pengguna sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran yang dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi, wawancara dan angket. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah produk yang telah dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis multimedia pada sistem modulasi amplitudo. Berdasarkan validasi media pembelajaran dari 2 responden ahli multimedia menghasilkan persentase 82,29% yang termasuk dalam kategori “sangat valid” sedangkan pada hasil pemahaman materi dari 15 responden pengguna menghasilkan nilai Gain rata-rata ternormalisir sebesar 0,76 yang termasuk dalam kategori “tinggi”. Simpulan yang diperoleh dari penelitian bahwa Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Sistem Modulasi Amplitudo telah dikembangkan dan media termasuk dalam kriteria sangat valid menurut ahli multimedia, dan nilai N-Gain pada uji coba pemakaian termasuk pada kategori tinggi sehingga media efektif digunakan sebagai media untuk meberikan pengetahuan dan hasilnya dapat meningkatkan pemahaman materi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sistem modulasi amplitudo, pemahaman materi, multimedia, flash.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:12
Last Modified: 10 Nov 2015 23:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item View Item