iPENGARUH AKSES INFORMASI, DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN


Saefi, 7101410253 (2015) iPENGARUH AKSES INFORMASI, DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410253-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat melanjutkan ke perguruan tinggi yang dimiliki siswamerupakan dampak dari apa yang ada dapat dirasakan dan didapatkan dari lingkungan dimana siswa itu belajar. Minat melanjutkan ke perguruan tinggitentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti akses informasi, dukungan orang tua, lingkungan sekolahdi SMK Negeri 1 Kebumen. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya akses informasi, dukungan orang tua dan lingkungan sekolah untuk memfasilitasi siswa yang berminat melanjutkan ke perguruan tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kebumenkelas XII jurusan administrasi perkantoran tahun 2014/2015 yang berjumlah 80siswa, dalam penelitian ini, peneliti mengunakan sampel jenuh, dengan kata lain seluruh siswa kelas XII jurusan administrasi perkantoran yang menjadi obyek dari penelitian tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuanprogram SPSSfor Windows Relase 16.Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung= 24,193dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 6,633+ 0,448X1+ 0,113X2+ 0,325X3. Besarnya pengaruh secara simultan antara akses informasi, dukungan orang tua, lingkungan sekolahminat siswa kelas XII melanjutkan ke perguruan yaitu 46,8%. Pengaruh secara parsial variabel akses informasiterhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggisebesar 4,445%, variabel dukungan orang tuaadalah sebesar 0,801%, dan variabel lingkungan sekolah 1,940%.Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh akses informasi, dukungan orang tua dan lingkungan sekolahterhadap minatsiswa kelas XIIjurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 1Kebumen. Saran dari penelitian ini adalah 1) Menambah fasilitas untuk mengakses informasi. 2)Pihak sekolah mengupayakan untuk mencari beasiswa untuk siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan ke perguruantinggi, untuk siswa yang kurang mampu secara ekonomi.3) Pihak sekolah selalu menekankan pada guru untuk memotivasi dan memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan kepada siswa di sela-sela mata pelajaran yang diampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akses Informasi,Dukungan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:08
Last Modified: 10 Nov 2015 23:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item View Item