PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA DIKELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEPARA


Diana Kholida, 3101411076 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA DIKELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411076-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi dalam belajar adalah faktor yang penting, karena hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong siswa untuk melakuakan belajar, salah satu hal yang dapat merangsang motivasi belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran problem based learning. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang membantu membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan meningkatkan keterampilan berfikir kritis. Berdasarkan wawancara yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara, sekolah ini telah menerapkan model pembelajaran problem based learning. Model ini membantu dalam meningkatkan rasa ingin tahu siswa, sehingga menimbulkan semacam konflik konseptual dan siswa berupaya keras dalam memecahkannya, dalam upaya itulah motif belajar siswa bertambah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah berapa tinggi motivasi belajar siswa, berapa tinggi tingkat penggunaan problem based learning, apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Expost-facto dan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 120, dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dan kelas XI IPS2 dengan jumlah masing-masing kelas 32 dan 33. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh perhitungan untuk tingkat motivasi belajar siswa dikelas XI IPS1 sebesar 81,93% atau dalam kategori tinggi, dan untuk kelas XI IPS sebesar 81,56% atau dalam kategori tinggi. Sedangkan perhitungan untuk penggunaan problem based learning dikelas XI IPS1 sebesar 80,13 atau dalam kategori baik dan untuk kelas XI IPS1 sebesar 79,23% atau dalam kategori baik Simpulan dari penelitian ini adalah:Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jepara artinya Hipotesis Alternatif atau Ha diterima. Besaranya pengaruh untuk kels XI IPS1 adalah 25,7% dan untuk kelas XI IPS2 sebesar 28,5%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dari penelitian ini adalah guru sejarah hendaknya tidak berhenti dalam meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan kemampuan dalam mengajar, salah satunya dengan cara mengembangkan model-model pembelajaran agar pelajaran sejarah terkesan menarik bagi siswa. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:19
Last Modified: 10 Nov 2015 23:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item