PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, POLA ASUH ORANG TUA, DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015


Stefani Tiara Kusumaning Dewanti, 7101410250 (2015) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, POLA ASUH ORANG TUA, DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410250-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengambilan dataawal di SMANegeri 1Kendal, diketahui bahwa belum semua siswa kelas XIIPS memperolehhasilbelajar ekonomiyang optimal.Hasil belajar yang dipengaruhi faktor yang berasal dari luar diri siswa perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruhkompetensi profesional guru, pemanfaatan perpustakaan sekolah, pola asuh orang tua, serta penerapan pendidikan karakterterhadap hasil belajar ekonomi. Penelitianini termasuk penelitian kuantitatif, dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN1Kendaltahun ajaran 2014/2015dan sampel sebanyak 84 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji simultan(F), dan uji parsial (t).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secarasimultanada pengaruh kompetensiprofesional guru, pemanfaatan perpustakaan sekolah, pola asuh orang tua, serta penerapan pendidikan karakterterhadap hasil belajar ekonomisebesar 34,3%. Secara parsial juga ada pengaruhterhadap hasil belajar ekonomiuntuk variabelkompetensiprofesional gurusebesar 6,55%,untuk variabelpemanfaatan perpustakaan sekolahsebesar 18,06%,untuk variabelpola asuh orang tuasebesar 11,09%, sertauntuk variabelpenerapan pendidikan karaktersebesar 4,97%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwakompetensiprofesional guru, pemanfaatan perpustakaan sekolah, pola asuh orang tua, serta penerapan pendidikan karakterberpengaruh positif terhadap hasilbelajar ekonomi.Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah Guru hendaknya mampu menerapkan metode yang tepatdalam menyampaikan materi. Siswa hendaknya meningkatkan kedisiplinanbelajar dalam kegiatan pembelajaran.Danguru sertasekolah hendaknya menghimbau orang tua siswa untuk memperhatikan polaasuhnya, sehingga siswa dapat lebih termotivasidalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Pola Asuh Orang Tua, Penerapan Pendidikan Karakter,dan HasilBelajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:04
Last Modified: 10 Nov 2015 23:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20867

Actions (login required)

View Item View Item