PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) MATERI SEJARAH PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN KALINYAMATAN JEPARA


Misbakhul Umam, 3101411069 (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) MATERI SEJARAH PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN KALINYAMATAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411069-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki pengaruh yang besar dalam kaitannya dengan kemajuan bangsa dan negara termasuk untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial itu sendiri yang meliputi sejarah, geografi, ekonomi dan Sosiologi. Dalam jenjang sekolah menengah pertama materi sejarah dimasukkan ke dalam mata pelajaran I PS. IPS adalah keterkaitan antar berbagai kompetensi dan bahan ajar yang tertuang dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS (sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi) sehingga melahirkan kompetensi baru yang mencakup berbagai kompetensi y ang diintegrasikan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pembelajaran IPS Sejarah pada kelas VIII di SMP Se-Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Tujuan Penelitian ini: (1). Mengetahui cara guru dalam merancang perencanaan pembelajaran IPS materi sejarah. (2). Mengetahui cara guru dalam mengajarakan IPS meteri sejarah pada kelas VIII SMP di Kecamatan Kalinyamatan Jepara (3). Mengetahui kendala- kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS materi sejarah. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. I nforman dalam penelitian ini adalah guru IPS, wakil kepala bidang kurikulum dan juga siswa di SMP Se-Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Teknik pengumpulan data (1) observasi (2) wawancara (3) dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS materi sejarah pada kelas VIII di SMP Se-Kecamatan Kaliny amatan Jepara belum sesuai harapan Penyusunan silabus dan RPP IPS di Koordinir oleh tim MGMP mata pelajaran dan untuk guru tinggal mengembangkan dan menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Namun dalam pelaksanaanny a dalam mengembangkan RPP I PS materi sejarah, masing-masing guru belum bisa mengembangkannya dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran I PS materi sejarah sudah berjalan cukup baik. Penggunaan beberapa metode pembelajaran sudah mulai diterapkan. Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran I PS materi sejarah yaitu faktor latar belakang guru selain itu ketertarikan siswa yang kurang karena IPS materi sejarah identik dengan hafalan dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana penunjang KBM. Saran yang diajukan dalam penelitian ini dalam penyusunan rencana pembelajaran seperti RPP dan silabus sebaikny a guru harus bisa mengembangkan dan menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Guru hendaknya senantiasa harus meningkatkan kreatifitas, inovasi dan variasi dalam pembelajaran IPS materi sejarah. Sekolah hendaknya harus mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang KBM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPS Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:03
Last Modified: 10 Nov 2015 23:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20866

Actions (login required)

View Item View Item