PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN KINERJA PUSTAKAWAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2014/2015


Rudi Irianto, 7101410240 (2015) PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN KINERJA PUSTAKAWAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410240-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat baca siswa yang tinggi merupakan dampak dari keberadaan perpustakaan di sekolah. Minat baca siswa yang tinggi tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan yang ada di perpustakaan SMK Negeri 9 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya fasilitas perpustakaan yang memadai, rendahnya ketrampilan pustakawan SMK Negeri 9 Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 9 Semarang tahun 2014/2015 yang berjumlah 858 siswa, kemudian diambil sampel berjumlah 273 siswa yang didapat dari rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSSfor Windows Release 16.Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung= 188,745 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 4,045 + 0,56X1+ 0,567X2. Besarnya pengaruh secara simultan antara fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan terhadap minat baca yaitu 58%. Pengaruh secara parsial variabel fasilitas perpustakaan terhadap minat baca sebesar 21,44%, sedangkan untuk variabel kinerja pustakawan adalah sebesar 26,73%.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan terhadap minat baca siswa SMK Negeri 9 Semarang tahun 2014/2015. Saran dari penelitian ini adalah 1) Ruang perpustakaan SMK Negeri 9 Semarang harusnya dipindahkan ke tempat yang khusus untuk perpustakaan sendiri yang dilengkapi dengan pengedap suara agar kondisi di dalam ruang perpustakaan dapat tenang, 2) Jumlah meja dan kursi perlu ditambah supaya dapat menampung pengunjung yang datang, 3) Pustakawan harus lebih teliti lagi dalam pencatatan buku pinjam dan kembali 4) Pustakawan sebaiknya menjalani pendidikan minimal D-II bidang kepustakaan, dan 5) Pustakawan sebaiknya belajar komputer supaya dalam melaksanakan pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan tidak kuwalahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Perpustakaan, Kinerja Pustakawan, Minat Baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:00
Last Modified: 10 Nov 2015 23:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item