ANALISIS LAGU-LAGU POPULER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS DI SMA


Pradita Grandis Utami, 2301410030 (2015) ANALISIS LAGU-LAGU POPULER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS DI SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301410030-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan pendidikan budaya dan berkarakter dalam kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga guru harus lebih kreatif memberikan variasi media yang memuat pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan memiliki unsur budaya. Bahasa Perancis merupakan mata pelajaran pilihan yang memiliki jam pelajaran yang minim dan materi yang tidak sedikit. Oleh karena itu, guru sebaiknya menggunakan alternatif media yang mudah didapat dan mencakup beberapa kompetensi sekaligus, serta sesuai dengan kurikulum 2013. Media lagu populer merupakan salah satu media alternatif yang dapat digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian lagu-lagu populer terhadap kriteria lagu sebagai media pembelajaran bahasa Perancis. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data penelitian ini berupa lagu dalam bentuk audio, transkrip lirik lagu dan informasi mengenai lagu tersebut. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan enam lagu-lagu populer Perancis yang telah dianalisis dalam aspek gramatikal, kosakata, dan tindak komunikasi, serta keseuaian lagu-lagu tersebut terhadap kriteria lagu sebagai media pembelajaran bahasa Perancis. Hanya satu lagu yang sesuai dengan materi dalam tema yang telah ditentukan sehingga lagu tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan materi sedangkan lima lagu lainnya tidak sesuai dengan materi, namun dapat dijadikan media selingan dalam pembelajaran bahasa Perncis. Saran, penelitian ini masih jauh dari sempurna. Penelitian sebatas menganalisis unsur-unsur yang ada dalam lagu dan kesesuaian terhadap kriteria lagu sebagai media pembelajaran. Jadi, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai analisis lagu-lagu populer tersebut dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Lagu-Lagu Populer, Media Pembelajaran, Bahasa Perancis, SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:02
Last Modified: 10 Nov 2015 23:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20864

Actions (login required)

View Item View Item