PENGARUH PENGELOLAAN KONDISI KELAS GURU SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Susi Wahyuni, 3101411055 (2015) PENGARUH PENGELOLAAN KONDISI KELAS GURU SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411055-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelas XI di SMK merupakan kelas yang dapat dikatakan sebagai kelas pengaplikasian. Tantangan yang dihadapi oleh guru sejarah di SMK Negeri 9 Semarang khususnya guru yang mengajar kelas XI adalah bagaimana guru sejarah tersebut dapat memberikan semua materi sejarah yang harus dipelajari peserta didik dalam waktu yang singkat namun ilmu pengetahuan dapat diserap oleh peserta didik secara maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengelolaan kondisi kelas yang dilakukan oleh guru sejarah di kelas XI SMK Negeri 9 Semarang, (2) bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dikelas XI SMK Negeri 9 Semarang, (3) adakah pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kondisi kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 9 Semarang. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan diatas digunakan metode kuantitatif dengan desain expost facto. Cara menetukan sampel menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan dari Isaac dan Michael untuk tingkat kesalahan 5 %. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis data penelitian tentang pengaruh pengeloaan kondisi kelas terhadap minat belajar. Hasil penelitian diperoleh pengelolaan kondisi kelas di SMK Negeri 9 Semarang dalam kriteria baik dengan presentase 79.54%. Hasil penelitian diperoleh bahwa minat belajar peserta didik pada kelas XI di SMK Negeri 9 Semarang dalam kriteria baik dengan nilai presentase sebesar 71.51%. Berdasarkan hasil perhitungan uji F diperoleh Fhitung = 19.85, pada taraf signifikan 5% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 173 diperoleh F tabel sebesar 3.90. Nilai Fhitung > Ftabel maka diperoleh keterangan bahwa pengelolaan kondisi kelas berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar sejarah siswa pada kelas XI di SMK Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien determinasi r² = 0.7625.. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan pihak sekolah harus memberikan perhatian khusus agar guru dapat melaksanakan pengelolaan kondisi kelas yang baik. Berhasil atau tidaknya pembelajaran sangat ditentukan oleh guru, maka sebaiknya guru mampu meningkatkan kemampuannya dalam mengelola kelas dan meningkatkan sikap tanggap kepada peserta didik agar guru mampu mengenali setiap kemampuan peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kondisi kelas, Minat belajar sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:59
Last Modified: 10 Nov 2015 22:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item