PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBERI SOLUSI TERHADAP KELUHAN DAN KEBERATAN PELANGGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING(PjBL) PADA SISWA KELAS XI PM 2 SMK PGRI BATANG
Rakhima An Naafi Solekha, 7101410236 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBERI SOLUSI TERHADAP KELUHAN DAN KEBERATAN PELANGGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING(PjBL) PADA SISWA KELAS XI PM 2 SMK PGRI BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Dari observasi awal yang dilakukan di SMK PGRI Batang, diperoleh informasi berdasarkan hasil wawancara dengan guru Komunikasi Bisnis kelas XI, bahwa dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional atau ceramah. Sedangkan materi yang digunakanmenuntut adanya keterampilan dari siswa. Hal ini dapat menghambat daya kreativitas siswa karena pembelajarannya hanya berlangsung satu arah. Materi yang dirasa sulit untuk dipahami siswa secara umum adalah materi memberikan solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan. Hal ini diperkuat dengan rata-rata nilai pada materi memberi solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan di kelas XIPM 2 tergolong cukup rendah jika dibandingkan dengan kompetensi dasar (KD) lainnya. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memberikan solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan model Project Based Learning.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI PM 2 SMK PGRI Batang. Prosedur penelitian ini merupakan proses pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan test keterampilan.Hasil penelitian ini diperoleh persentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar 63,7% dengan katagori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87,25% dengan katagori sangat baik, persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar70,84% dengan katagori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 83,34% dengan katagori sangat baik. Persentase keterampilan siswa pada siklus I sebesar 65,85% dengan katagori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 90,24 dengan katagori sangat baik. Untuk hasil belajar siswa berupa post test keterampilan memberi solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan dengan rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I adalah 74,88 dengan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 65,85% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,37 dan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90,24%.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, adanya peningkatan keterampilan siswa dalam memberikan solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan kelas XI PM 2 SMK PGRI Batang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learningpada materi memberi solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Memberi Solusi Terhadap Keluhan dan Keberatan Pelanggan, Project Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 22:56 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 22:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20861 |
Actions (login required)
View Item |