PEMANFAATAN VIDEO DOKUMENTER HASIL KAJIAN PENINGGALAN SEJARAH (KPS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH : (Studi Kasus dalam Pelaksanaan PPL pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FIS Unnes 2011)


Yuniati, 3101411054 (2015) PEMANFAATAN VIDEO DOKUMENTER HASIL KAJIAN PENINGGALAN SEJARAH (KPS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH : (Studi Kasus dalam Pelaksanaan PPL pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FIS Unnes 2011). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411054-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian Peninggalan Sejarah (KPS) merupakan perkuliahan lapangan yang membekali mahasiswa memahami dan menganalisis berbagai peninggalan sejarah. Salah satu hasil perkuliahan KPS ialah video dokumenter. Mahasiswa prodi pendidikan sejarah tidak banyak yang memanfaatkannya sebagai media pada kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui video dokumenter hasil KPS dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran sejarah. (2) Untuk mengetahui mahasiswa prodi pendidikan Sejarah angkatan 2011 dalam memanfaakan video dokumenter hasil dari KPS sebagai media pembelajaran. (3) Upaya yang dilakukan jurusan untuk meningkatkan perkuliahan KPS. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji tentang Pemanfaatan Video Dokumenter KPS oleh Mahasiswa Jurusan Sejarah adalah metode penelitian kualitatif. Tempat pelaksanaan penelitian berada di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu Observasi, Wawancara, Studi Dokumen. Aktivitas dalam analisis data, yaitu ddata collection, data reduction, data display, dan conclusi/ verivication. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Video dokumenter hasil KPS dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran, baik digunakan sebagai pembuka, inti maupun pengayaan pada pembelajaran sejarah. (2) Mahasiswa prodi pendidikan sejarah angakatan 2011 telah memanfaatakan video dokumenter KPS sebagai media dalam pembelajaran di kelas ketika melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan tahun 2014. (3) Jurusan sejarah telah melakukan berbagai upaya agar dapat mengembangkan dan meningkatkan perkuliahan lapangan KPS menjadi lebih baik lagi dan dapat mencapai tujuan dari KPS dan menghasilkan produk sesuai yang diharapkan. Saran yang dianjurkan oleh peneliti sebagai berikut: (1) Bagi Mahasiswa Jurusan Sejarah, hendaknya lebih aktif dan fokus dalam mengikuti perkuliahan maupun memanfaatkan hasil dari KPS agar produk yang dihasilkan sesuai dengan tujuan dari KPS dan dapat dimanfaatkan kembali sebagai sumber dan media pembelajaran. (2) Bagi jurusan Sejarah, Panitia KPS dan Dosen pembimbing hendaknya menghubungkan materi dan mengarahkan mahasiswa dari objek kajian dengan kurikulum yang ada di sekolah sehingga hasilnya nanti dapat dijadikan sumber maupun media pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video KPS, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:55
Last Modified: 10 Nov 2015 22:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20860

Actions (login required)

View Item View Item