PERSEPSI SISWA KETURUNAN ETNIS TIONGHOA TERHADAP PENULISAN SEJARAH NASIONAL INDONESIA DI SMA KOLESE LOYOLA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015
ONI ANDHI ASMARA, 3101411052 (2015) PERSEPSI SISWA KETURUNAN ETNIS TIONGHOA TERHADAP PENULISAN SEJARAH NASIONAL INDONESIA DI SMA KOLESE LOYOLA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penulisan Sejarah Indonesia belum mewakili seluruh bangsa Indonesia, etnis tionghoa adalah kaum minoritas yang juga menjadi korban diskriminasi dalam penulisan sejarah nasional Indonesia sebab sejarah nasional Indonesia sangat kurang menuliskan sejarah mengenai etnis tionghoa. SMA Kolese Loyola adalah SMA yang mayoritas muridnya beretnis tionghoa, sehingga sangat sesuai sebagai sumber informasi penulis. Permasalahan dalam penelitian ini : (1)Bagaimana Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang politik, (2) Bagaimana Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang ekonomi, (3) Bagaimana Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang sosial, (4) Bagaimana Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripstif. Metode ini diharapkan dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara detail dan mendalam mengenai persepsi siswa keturunan etnis tionghoa dalam penulisan sejarah nasional Indonesia di SMA Kolese Loyola Tahun Ajaran 2014/2015. Informan dalam penelitian ini meliputi Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Guru Mata Pelajaran Sejarah beretnis tionghoa dan siswa-siswi SMA Kolese Loyola beretnis tionghoa. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber, kemudian data dianalisis dengan model analisis interaksi. Hasil Penelitian dari penelitian ini banyak sekali kritikan dan keluhan mengenai penulisan sejarah nasional Indonesia baik dari bidang politik, ekonomi, sosial dan Budaya. Siswa-siswi etnis tionghoa sangat menyayangkan dengan penulisan sejarah nasional yang memandang warna kulit dan tidak menunjukkan sikap merangkul seluruh bagian dari bangsa Indonesia. Banyak pernyataan-pernyataan mereka sebagai kaum minoritas yang menyatakan rasa kekecewaan mereka dan rasa terpinggirkannya mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Sejarah Nasional Indonesia sudah seharusnya mewakili seluruh bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia bukan hanya pribumi dan Jawa saja melainkan semua orang yang tinggal dan mengaku Indonesia sebagai tanah airnya Kesimpulan 1. Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang politik adalah banyak kritikan mengenai hilangnya catatan mengenai pahlawan politik nasional Indonesia beretnis tionghoa 2. Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang ekonomi adalah etnis tionghoa merasa memiliki sumbangsih yang besar dalam bidang ekonomi namun tidak dituliskan 3. Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang sosial adalah penulisan sejarah etnis tionghoa dalam bidang sosial sangat minim 4. Persepsi Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMA Kolese Loyola terhadap Penulisan Sejarah Nasional Indonesia dalam bidang budaya adalah sebagai bangsa yang memiliki budaya besar diskriminasi terhadap kebudayaan tionghoa sangat besar maka kekecewaan mereka sangat besar ketika kebudayaan mereka tidak diakui dalam penulisan Sejarah Nasional Indonesia. Saran Penulis, Penulisan Sejarah Nasional Indonesia lebih mewakili seluruh tumpah darah Indonesia tidak hanya kaum mayoritas saja melainkan juga memperhatikan kaum minoritas meski sedikit juga harus dituliskan peranannya, sebab meskipun minoritas etnis tionghoa juga merupakan bagian dari bangsa Indonesia. Pengakuan bangsa Indonesia terhadap etnis tionghoa dan kaum minoritas akan membawa integritas bagi bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Bangsa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Etnis Tionghoa dan Sejarah Nasional Indonesia |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 22:52 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 22:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20858 |
Actions (login required)
View Item |