EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM IDENTITAS DIRI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PERANCIS KELAS X Di SMA NEGERI 7 PURWOREJO


Yossi Larasati, 2301410014 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM IDENTITAS DIRI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PERANCIS KELAS X Di SMA NEGERI 7 PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301410014-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

oses pembelajaran di kelas. Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Hal itu dapat meningkatkan kreatifitas dan menumbuhkan cara berfikir kritis siswa. Berdasarkan studi pendahuluan, pembelajaran menyimak kelas X SMA N 7 Purworejo belum menggunakan media variatif yang sesuai dengan kemampuan siswa. Guru masih menggunakan metode konvensional yaitu berceramah. Untuk itu dibutuhkan suatu media guna menunjang pembelajaran menyimak siswa, salah satu media yang dapat digunakan adalah media Film. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan media Film dalam pembelajaran menyimak tentang l’identité untuk siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test and post-test group. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Tingkat kepercayaan instrument diukur dengan rumus Spearman-Brown. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan metode tes yang berupa tes tulis. Setelah data terkumpul, data diuji keefektifannya dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film tentang l’identité efektif untuk pembelajaran menyimak pada siswa kelas X SMAN 7 Purworejo. Hasil t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test yaitu t hit = 15,49 > t tab = 2,04.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film, Media, Menyimak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:52
Last Modified: 10 Nov 2015 22:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item