PENGEMBANGAN KARTU PERMAINAN EDUKATIF UNTUK PENGETAHUAN CABANG-CABANG OLAHRAGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARAKAN TAHUN 2015

Adytia Dwi Hermawan, 6211411080 (2015) PENGEMBANGAN KARTU PERMAINAN EDUKATIF UNTUK PENGETAHUAN CABANG-CABANG OLAHRAGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARAKAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2670Kb)

    Abstract

    Proses pembelajaran olahraga di sekolah masih berpusat pada guru penjasorkes sehingga pengetahuan siswa hanya sebatas apa yang diberitahukan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kartu permainan edukatif yang sesuai untuk pengetahuan cabang-cabang olahraga dalam pembelajaran penjasorkes, apakah kartu permainan edukatif yang dikembangkan valid untuk pengetahuan cabang cabang olahraga, apakah kartu permainan edukatif efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan cabang-cabang olahraga dan apakah kartu permainan edukatif dapat diterima dalam pembelajaran penjasorkes. Tujuannya menghasilkan kartu permainan edukatif untuk pengetahuan cabang-cabang olahraga, menguji validitas, menguji keefektifan dan mengetahui keterimaan kartu permainan edukatif untuk pengetahuan cabang-cabang olahraga dalam pembelajaran penjasorkes di SMA Negeri 1 Parakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi: analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji kelompok kecil dan revisi, uji kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli olahraga permainan 88% (baik), ahli media 98% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 88,36% (baik) dan uji lapangan 92,91% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pengetahuan cabang-cabang olahraga melalui permainan kartu permainan edukatif ini dapat digunakan bagi siswa SMA Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian di atas, kartu permainan edukatif efektif untuk pengetahuan cabang-cabang olahraga dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di SMA untuk dapat menggunakan produk pengetahuan cabang-cabang olahraga ini di sekolah, sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kartu permainan edukatif ini dapat dimainkan untuk semua materi penjasorkes sesuai dengan kreativitas guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kartu permainan edukatif, media permainan dan cabang olahraga
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 17:49
    Last Modified: 10 Nov 2015 17:49

    Actions (login required)

    View Item