PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) NU GRAHA UNGARAN


Syinta Rahmah Hidayah, 7101410228 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) NU GRAHA UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410228-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Koperasi untuk mencapai tujuannya membutuhkan peran anggota melalui partisipasi. Partisipasi Anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pendidikan perkoperasiandan kemampuan manajerial pengurus.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1)Adakah pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota KJKS NU Graha Ungaran,(2) Adakah pengaruh kemampuan manajerial pengurusterhadap partisipasi anggota KJKS NU Graha Ungaran,(3) Adakah pengaruh pendidikan perkoperasiandan kemampuan manajerial pengurus terhadap partisipasi anggota KJKS NU Graha Ungaran.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KJKS NU Graha Ungaran berjumlah 40anggota. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjek penelitian kurang dari 100 maka penelitian ini mengambil semua populasi yang berjumlah 40 anggota. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angketdan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif presentasedananalisis regresi linier berganda.Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi diperoleh hasilY = -6,411 + 0,253 X1+ 0,470X2.Hasil uji hipotesis secara parsialvariabel pendidikan perkoperasian berpengaruh secara positif sebesar 20,1% dan kemampuan manajerial pengurus sebesar 28,7%terhadap partisipasi anggota KJKS NU Graha Ungaran. Sedangkan secara simultan pendidikan perkoperasian dan kemampuan manajerial pengurus secara bersama-sama berpengaruh terhadappartisipasi anggota KJKS NU Graha Ungaran sebesar 81,2% dan sisanya sebesar 18,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pendidikan perkoperasian dan kemampuan manajerialpengurusterhadap partisipasi anggota baik secara simultan maupun parsial.Pendidikan perkoperasian dan kemampuan manajerial pengurus tergolong dalam kriteria baik, akan tetapipartisipasi anggotaKJKS NU Graha Ungaran dalam kriteria tidak baik. Oleh karena itu disarankan kepada pengurus koperasi untuk diwajibkan kepada anggota mengikuti pendidikan dan pelatihanuntuk meningkatkan pengetahuan perkoperasian para anggotabisa dialakukan dalam bentuk pendidikan tentang hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Perkoperasian, Kemampuan Manajerial Pengurus, Partisipasi Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:46
Last Modified: 10 Nov 2015 22:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20852

Actions (login required)

View Item View Item