PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PRASEJARAH KELAS VII SMP N 1 SUKOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015


Deviana Indriati, 3101411047 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PRASEJARAH KELAS VII SMP N 1 SUKOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411047-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai seseorang berupa kemampuan pengetahuan dan pemahaman, keterampilan serta sikap setelah menjalani proses belajar mengajar, hasil belajar yang di ukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada ranah kognitif. Hasil belajar kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang dinyatakan dengan nilai yang diperoleh siswa setelah memperoleh tes untuk mewujudkan proses pembelajaran sejarah yang berkualitas, dapat diterapkan media dan metode yang mendukung yaitu media gambar dan metode picture and picture Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah tingkat keefektifitas pemanfaatan media gambar dan metode picture and picture pada pokok bahasan prasejarah di kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum diterapkan media gambar dan metode picture and picture pada pokok bahasan prasejarah di kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo (3) Apakah setelah diterapkan media gambar dan metode picture and picture di pokok bahasan prasejarah berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukorejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain eksperimen Pre-test and Post-test Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas. Sample penelitian menggunakan kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Setelah melakukan pre test sebagai tolak ukur awal kemampuan siswa, dilakukan pula uji normalitas, homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata sebelum kelas tersebut mendapatkan perlakuan. Penelitian ini dilakukan sesuai skenario penelitian eksperimen yang dibuat dengan menggunakan media Gambar dan metode picture and picture dan diakhiri dengan post test. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan media gambar dan metode picture and picture dan hasil belajar sejarah. Sementara metode pengumpulan datanya menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan perhitungan ketuntasan belajar yang rata-rata hasil belajar postest kelompok eksperimen sebesar 80.00 dan kelas kontrol 70.00 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai ketuntasan sebesar 81,25% telah mencapai target ketuntasan kelas dan kelas kontrol mendapatkan nilai 40,62% belum mencapai kriteria ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil uji T menunjukkan bahwa Ho ditolak ada pengaruh pada kelas eksperimen karena nilai signifikan α hitung lebih besar dari 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya pemanfaatan media gambar dan metode picture and picture dalam pembelajaran sejarah kelas Ekperimen ada pengaruh terhadap nilai hasil belajar siswa. Merujuk dari hasil uji regresi (Y=a+bX) Y= 47.159 + 0,661X, dan F hitung sebesar 148.015, maka koefisien arah regresi berarti. Dan dilihat dari uji signifikansi t hitung 12.166 lebih besar dari t tabel 2,032 maka ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah penerapan media gambar dan model pembelajaran picture and picture membantu meningkatkan hasil belajar siswa dari pada penggunaan metode ceramah atau konvensional, penggunaan media gambar dan metode picture and picture ini mempunnyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sukorejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Gambar, dan Metode Picture and Picture, Hasil belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:45
Last Modified: 10 Nov 2015 22:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item