PENGEMBANGAN VARIASI KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA KELAS X DENGAN TEMA “L’IDENTITÉ”


Rizal Setiawan, 2301410010 (2015) PENGEMBANGAN VARIASI KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA KELAS X DENGAN TEMA “L’IDENTITÉ”. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301410010-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (979kB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah hal penting apabila ingin menjadi seorang guru yang profesional. Diantara keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Kegiatan membuka dan menutup pelajaran bahasa Perancis kelas X dengan tema “l’Identité” yang dilakukan guru sangat monoton. Para guru belum mempunyai contoh-contoh kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang lebih variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan guru untuk variasi membuka dan menutup pelajaran pada kelas X pada sub tema “l’Identité”, serta bentuk pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2010: 407), terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah desain produk berupa buku panduan variasi keterampilan membuka dan menutup pelajaran pada kelas X dengan tema l’Identité. Tema tersebut sesuai dengan tema kelas X yang diambil dari silabus kurukulum 2013 bahasa Prancis SMA. Di dalam buku ini terdapat 8 (delapan) variasi membuka dan menutup pelajaran, yaitu 1) Hello!, 2) Lingkaran Teman, 3) Siapa Aku?, 4) Piala Dunia, 5) Angka Lipat, 6) Tua Muda, 7) Alamat Asli, dan 8) Tebak Bintang. Kemudian pada tahap akhir, rancangan tersebut dikonsultasikan pada ahli bahasa Prancis untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai saran ahli, rancangan ini divalidasi oleh ahli dan dapat digunakan oleh pengajar dalam pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: variasi, membuka, menutup, l’Identité
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:44
Last Modified: 10 Nov 2015 22:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item