EFEKTIVITAS PELAKSANAAN OLAHRAGA GOALBALL TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK TUNANETRA SLB NEGERI SEMARANG


Hery Saputra, 6211411082 (2015) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN OLAHRAGA GOALBALL TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK TUNANETRA SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411082-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian: mengetahui tingkat keefektivitasan pelaksanaan penjas adaptif melalui olahraga goalball terhadap peningkatan ketrampilan motorik kasar pada anak tunanetra SLB Negeri Semarang. Metode penelitian ini yaitu one group pretest posttest design dengan teknik survei dan tes. Populasi penelitian ini seluruh anak tunanetra di SLB Negeri Semarang berjumlah 11 orang, teknik pengambilan sampel total sampling dengan sampel 11 orang. Metode pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji prasyarat analisis yang meliputi: uji normalitas data dengan kolmogorov-smirnov, uji homogenitas dengan chi square. Teknik analisis data penelitian menggunakan paired t-test dengan bantuan komputer program SPSS versi 16. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penjas adaptif melalui olahraga goalball efektif terhadap peningkatan ketrampilan motorik kasar pada anak tunanetra SLB Negeri Semarang, dengan nilai t hitung saat menangkap dan melempar bola goalball, 4,433 > 1,812 dan 3,792 >1,812 serta nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan 0,004 < 0,05, dengan selisih peningkatan 6,46 dan 6,73. Simpulan hasil penelitian adalah pelaksanaan penjas melalui olahraga goalball efektif meningkatkan ketrampilan motorik kasar pada anak tunanetra SLB Negeri Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah selalu melakukan penjas adaptif untuk anak tunanetra agar dapat memperbaiki maupun meningkatkan ketrampilan motorik kasar yang mereka miliki..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penjas adaptif, Olahraga goalball, Ketrampilan motorik kasar
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:41
Last Modified: 10 Nov 2015 22:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20847

Actions (login required)

View Item View Item