PENGARUH UMPAN PITCHED BALL DAN SOFT TOSS BALL TERHADAP HASIL LATIHAN PUKULAN FLY BALL DAN GROUND BALL PADA TIM BASEBALL UNNES 2015


Aufal Marom, 6211411090 (2015) PENGARUH UMPAN PITCHED BALL DAN SOFT TOSS BALL TERHADAP HASIL LATIHAN PUKULAN FLY BALL DAN GROUND BALL PADA TIM BASEBALL UNNES 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411090-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi antara latihan Umpan pitched Ball dan Soft Toss Ball terhadap hasil pukulan fly ball dan ground ball pada tim Baseball Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian adalah Angota tim Baseball Universitas Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel penelitian yaitu jenis umpan dan hasil pukulan bola baseball. Metode penelitian menggunakan faktorial dua kali dua. Analisis data penelitian menggunakan Anova dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Perbedaan umpan pitched ball dan soft toss ball terhadap hasil pukulan pada tim baseball Unnes, pitched ball mean 4,26 dan soft toss ball 3,26 dimana F 5,371 dengan P 0,029<0,05 sehingga terdapat perbedaan latihan umpan pitched ball dan soft toss ball terhadap hasil pukulan. 2) Perbedaan Hasil pukulan Fly Ball dan Ground Ball pada Tim Baseball Unnes, F 16,927 dengan P 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil pukulan fly Ball dan Ground Ball pada tim Baseball Unnes. 3) Interaksi antara metode latihan pitched ball dan soft toss ball terhadap hasil pukulan Fly ball dan ground Ball pada tim baseball Unnes diketahui F 20,989 dengan P 0,000<0,05 maka terdapat Interaksi antara latihan umpan pitched ball dan soft toss ball terhadap Hasil pukulan Fly Ball dan Ground Ball pada Tim Baseball Unnes. Simpulan dari penelitian: 1) Ada Perbedaan pengaruh yang signifikan umpan pitched ball dan soft toss ball terhadap hasil pukulan fly ball dan Ground Ball pada tim baseball Unnes tahun 2015 . 2) Ada perbedaan yang signifikan hasil pukulan Flay Ball dan Ground Ball pada tim baseball Unnes tahun 2015. 3) Ada interaksi antara latihan umpan pitched ball dan soft toss ball terhadap hasil pukulan fly ball dan ground ball pada tim Baseball Unnes. Saran : 1 Untuk tim baseball Unnes hendaknya melakukan program latihan dengan umpan Pitched ball dan Soft Toss Ball secara kontinu sesuai target latihan untuk bisa memukul Fly Ball dan ground ball. 2) Bagi pelatih tim baseball Unnes, dalam memberikan latihan memukul bola pada saat latihan dilakukan latihan umpan Pitched Ball untuk bisa memukul Fly ball dan latihan umpan Soft Toss Ball untuk bola ground. 3) Bagi pembaca supaya bisa menerapkan program latihan yang cocok khususnya untuk memukul fly ball dan ground ball.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Baseball
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:38
Last Modified: 10 Nov 2015 22:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20846

Actions (login required)

View Item View Item