PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAGELANG


Nimas Ayu Ritmaratri, 7101410208 (2015) PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410208-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai merupakan unsur penting bagi keberhasilan sebuah organisasi. Kualitas pelayanan yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik yang tersedia dan semangat kerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh pegawai, kondisi lingkungan kerja fisik yang kurang baik dan semangatkerja pegawai dalam melayani kebutuhan pengunjung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang.Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang meminta pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang yaitu sebanyak 16.855 orang, kemudian diambil sampel sejumlah 100 orang yang didapat dari rumus Slovin dengan taraf kesalahan sebesar 10%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifpersentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSSfor Windows Relase 16.Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung= 25,578 dengan probabilitas sebesar 0,000 <0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linier berganda dengan persamaan Y = 0,841+ 0,345X1+ 0,295X2 + 0,394X3. Besarnya pengaruh secara simultan antara kompetensi, lingkungan kerja fisik dan semangat kerja terhadap kualitas pelayanan yaitu sebesar 44,4%. Sedangkan pengaruh secara parsial atau sendiri-sendiri untuk kompetensi yaitu sebesar 7,56%, lingkungan kerja fisik sebesar 4,33% dan semangatkerja sebesar 9,18%. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi, lingkungankerja fisik dan semangat kerja terhadap kualitas pelayanan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Saran dari penelitian ini adalah 1) Bagi pegawai supaya diberikan pelatihan khusus komputer agar lebih terampil saat menyelesaikan tugas maupun melayani pengunjung, 2) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang hendaknya menambah penerangan di masing-masing ruang agar tidak terlalu gelap sehingga meminimalisasi kesalahan pegawai saat menginput data maupun saat melayani pengunjung dan 3) Pegawai pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang supaya di dalam menerbitkan Kartu Keluarga (KK) maupun KTP sesuai waktu yang telah dijanjikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Lingkungan Kerja Fisik, Semangat Kerja, danKualitas Pelayanan Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:38
Last Modified: 10 Nov 2015 22:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20845

Actions (login required)

View Item View Item