PENGEMBANGAN INDIKATOR MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X BERBASIS KURIKULUM 2013


Dyah Rusita, 2301409029 (2015) PENGEMBANGAN INDIKATOR MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS X BERBASIS KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2301409029-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum 2013, bahasa Prancis merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA/MA. Seorang pengajar bahasa Prancis tentunya tidak akan terlepas dari kewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Salah satu langkah dalam menyusun RPP tersebut adalah mengembangkan atau merumuskan indikator pencapaian kompetensi sesuai Kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada silabus. Namun kenyataannya silabus bahasa Prancis Kurikulum 2013 belum memberikan contoh rancangan pengembangan indikator- indikator pencapaian kompetensi yang diturunkan dari KD dan KI. Padahal rancangan indikator-indikator tersebut diperlukan sebagai referensi dan sebagai contoh pengajar bahasa Prancis untuk mengembangkan dan merumuskan indikator sendiri dalam salah satu langkah pembuatan RPP mata pelajaran bahasa Prancis sesuai silabus Kurikulum 2013. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan indikator berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran bahasa Prancis berbasis kurikulum 2013 pada kelas X Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan rancangan indikator berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kelas X SMA berbasis Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau research and development (R&D) dengan 10 langkah penelitian, yaitu: (1) potensi masalah; (2) pengumpulandata; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7)revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi massal. Karena keterbatasan waktu, penelitian ini hanya mengadopsi lima langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain produk, validasi produk, dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah desain produk berupa rancangan indikator berdasarkan kompetensi Inti dan kompetensi Dasar pada kelas X SMA berbasis Kurikulum 2013. Desain produk tersebut dikonsultasikan pada ahli Bahasa Prancis untuk diketahui kekurangan dan kelemahannya. Setelah dilakukan beberapa revisi sesuai saran ahli, desain produk ini telah divalidasi oleh dosen ahli bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indikator, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:40
Last Modified: 10 Nov 2015 22:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20843

Actions (login required)

View Item View Item