EFEK LATIHAN FISIK MAKSIMAL TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN FAAL HATI DENGAN MENGGUNAKAN TEST SERUM GLUTAMATE PIRUVATE TRANSAMINASE (SGPT) (Pada Tikus Putih Rattus Norvegicus Strain Wistar)


RIFKI ZAKARIA, 6211411096 (2015) EFEK LATIHAN FISIK MAKSIMAL TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN FAAL HATI DENGAN MENGGUNAKAN TEST SERUM GLUTAMATE PIRUVATE TRANSAMINASE (SGPT) (Pada Tikus Putih Rattus Norvegicus Strain Wistar). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411096-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian : untuk mengetahui apakah latihan fisik maksimal mempunyai efek terhadap tingkat kerusakan hati pada tikus putih Rattus Norvegicus Strain Wistar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan post-test true eksperimental only control group design. Populasi dalam penelitian ini tikus putih Rattus Norvegicus Strain Wistar yang berada di laboratorium Biologi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 68 ekor, dengan teknik pengambilan sampel “purposive sampling” menggunakan 12 ekor. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah kandang tikus, kolam/bak, timbangan, mikro hematokrit, mikro tube, centrifuge, autoanalyzer. Penelitian dilakukan pada bulan maret 2015 dan bertepat di laboratorium Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan tiga variabel penelitian : (1) variabel bebas : latihan fisik maksimal berupa aktivitas di dalam kolam sekuat-kuatnya sampai hampir tenggelam selama 28 hari dengan masa adaptasi selama 7 hari (2) variabel tergantung : kadar SGPT pada hati (3) variabel kendali : jenis kelamin, berat badan, makanan, umur, lingkungan. Dalam penelitian ini metode pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji prasyarat analisis yang meliputi : uji normalitas data dengan Shapiro-wilk, uji homogenitas dengan man-whitney. Teknik analisi data penelitian ini dengan bantuan komputer program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian latihan fisik maksimal terhadap tingkat kerusakan hati tidak memiliki perbedaan yang signifikan antara post-test kontrol dan post-test eksperimen dengan nilai p= 0,754 (p>0,05). Simpulan dalam penelitian ini adalah Latihan Fisik Maksimal tidak mempunyai efek terhadap tingkat kerusakan hati. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian lanjutan gunakanlah prinsip-prinsip latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efek latihan fisik maksimal, kerusakan faal hati
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:31
Last Modified: 10 Nov 2015 22:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item