PENGARUH JEDA/INTERVAL PADA LATIHAN TUSUKAN TERHADAP KETEPATAN TUSUKAN PADA PEMAIN ANGGAR IKASE KOTA SEMARANG TAHUN 2015

Afif Fauzul Hardinata, 6211411106 (2015) PENGARUH JEDA/INTERVAL PADA LATIHAN TUSUKAN TERHADAP KETEPATAN TUSUKAN PADA PEMAIN ANGGAR IKASE KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1327Kb)

    Abstract

    Ketrampilan menusuk merupakan salah satu teknik dasar bermain anggar yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi yang tinggi di perlukan agar serangan yang dilakukan tepat ke arah lawan. Untuk latihan ketepatan tusukan dengan hasil sasaran yang tepat, terarah dan mengecoh lawan maka diperlukan teknik jeda/interval dalam melakukan serangan. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh jeda/interval pada latihan tusukan terhadap ketepatan tusukan pada pemain anggar IKASE Kota Semarang. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan jeda/interval terhadap kemampuan ketepatan tusuka pada pemain anggar IKASE Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Matching Subject Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain anggar IKASE Kota Semarang yang berjumlah 20 orang. Sampel yang diambil dari hasil total sampling berjumlah 20 orang. Analisis data menggunakan uji t. Uji beda hasil post-test antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,43 > ttabel = 2,26 Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan ketepatan tusukan menggunakan tanpa jeda/interval dan menggunakan latihan ketepatan tusukan dengan jeda/interval, dan rata-rata hasil post-test ketepatan tusukan ketubuh lawan dari kelompok eksperimen 1 yang dilatih menggunakan tanpa jeda/interval mencapai 51,00 sedangkan rata-rata hasil post-test ketepatan tusukan ketubuh lawan dari kelompok eksperimen 2 yang dilatih menggunakan jeda/interval mencapai 63,00. Data tersebut menunjukkan bahwa ketepatan tusukan pada kelompok yang dilatih menggunakan jeda/interval mendapat perolehan yang lebih tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa latihan ketepatan tusukan menggunakan jeda/interval lebih efektif dilakukan dibandingan latihan ketepatan tusukan tanpa jeda/interval. Bagi para pelatih anggar dalam melatih ketepatan tusukan sebaiknya menggunakan jeda/interval, memberikan materi yang tepat dan penyusunan program latihan khusus untuk melatih kemampuan menusuk sasaran dengan tepat dan bagi pemain agar dapat mengembangkan kemampuan bermain anggar dalam melakukan keterampilan ketepatan tusukan terhadap sasaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: interval latihan, ketepatan tusukan, anggar.
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 17:27
    Last Modified: 10 Nov 2015 17:27

    Actions (login required)

    View Item