ANALISIS PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015
Yennica Ola Fitri, 3101411038 (2015) ANALISIS PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum memegang peranan penting bagi dunia pendidikan. Implementasi kurikulum dilakukan kepada sekolah yang dianggap siap melaksanakan kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 menuntut kerjasama yang optimal diantara para guru. Guru juga merupakan kunci suksesnya dalam implementasi kurikulum. Di dalam Kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Untuk itu, kompetensi guru lebih ditingkatkan lagi terutama kompetensi pedagogik guru itu sangat diperlukan dalam implementasi kurikulum 2013. Beban mengajar guru bagi yang sudah mempunyai sertifikat pendidik yaitu mengajar 24 jam. Implementasi kompetensi pedagogik ke dalam beban mengajar 24 jam perlu diketahui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah guru sejarah di SMA N 1 Karanganom. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakanpurposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dalam penelitian ini adalah guru sejarah di SMA N 1 Karanganom cukup siap dalam implementasi kurikulum 2013. Dalam hal penilaian guru merasa masih peru mempersiapkan instrumen penilaiannya. Dari 10 indikator dalam kompetensi pedagogik guru hampir semua menguasai indikator tersebut. Dalam indikator kompetensi pedagogik no.8 dirasa kurang karena hanya memberikan penilaian sikap yang penilaian diri dan penialian teman sejawat hanya ketika mau akhir semester saja. Implementasi kompetensi pedagogik guru ke dalam beban mengajar dalam hal pencapaian penilaian pada awalnya banyak yang merasa keberatan karena pada awalnya belum begitu paham dengan penilaian kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh beberapa saran sebagai berikut: (1) Guru harus sering-sering mengikuti pelatihan kurikulum 2013 agar lebih menguasai lagi terkait dalam hal penilaian dalam kurikulum 2013. (2) Guru harus melaksanakan penilaian sesuai dengan aturan di dalam kurikulum 2013 yaitu memberikan penilaian diri dan penilaian sejawat setiap ganti KD. (3) Guru yang telah memahami penilaian harus lebih membantu guru yang masih belum paham dalah hal penilaian dalam kurikulum 2013, demi terciptanya pembelajaran yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan, Kompetensi Pedagogik, Guru Sejarah, Implementasi Kurikulum 2013 |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 22:26 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 22:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20838 |
Actions (login required)
View Item |