PEMANFAATAN MUSEUM TRINIL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA SMA DI KABUPATEN MADIUN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015


Redita Ventyasari, 3101411033 (2015) PEMANFAATAN MUSEUM TRINIL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA SMA DI KABUPATEN MADIUN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411033-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan menggunakan bukti sejarah sebagai sumber dan media pembelajaran akan membuat siswa antusias mengikuti pelajaran. Museum Trinil merupakan bukti sejarah yang ada diwilayah Kabupaten Ngawi. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pemanfaatan Museum Trinil sebagai sumber dan media belajar sejarah untuk siswa SMA di Kabupaten Madiun, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah, mengetahui cara guru menhadapi kendala-kendala yang ada dalam kegiatan pembelajaran sejarah Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan Museum Trinil sebagai sumber dan media belajar sejarah bagi siswa SMA di Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur tahun ajaran 2014/2015. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan metode peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data dapat dilakukan dengan cara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas. Hasil dari penelitian ini: guru sejarah SMA Negeri 3 madiun dan SMA Negeri 5 Madiun berpendapat Museum Trinil dapat dimanfaatkan sebagai sumber dan media pembelajaran, siswa antusias untuk mengikuti pelajaran sejarah dengan memanfaatkan Museum Trinil dan mengetahui cara merawat situs agar tetap eksis, adanya kendala-kendala yang dialami ketika memanfaatkan Museum Trinil sebagai sumber dan media pembelajaran membuat proses belajar berjalan kurang maksimal. Upaya guru mengatasi kendala yang dialami pada saat pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan cara memberikan bekal panduan pemahaman pada siswa sebelum mengunjungi Museum Trinil Simpulan penelitian ini yaitu: pemanfaatan Museum Trinil sebagai sumber dan media belajar sejarah untuk siswa SMA di Kabupaten Madiun sudah berjalan dengan baik karena dengan metode belajar di luar kelas yang dilakukan oleh guru dapat membantu siswa dalam pembelajaran sejarah serta siswa sangat berantusias. Saran yang diajukan yaitu: guru memanfaatkan Museum Trinil sebagai sumber dan media belajar sejarah untuk SMA di lakukan secara rutin. Pihak museum melakukan upaya untuk memperhatikan sarana dan prasarana agar menarik minat pengunjung seperti siswa untuk belajar dan memanfaatkan Museum Trinil sebagai sumber dan media belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Museum Trinil, Sumber Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:23
Last Modified: 10 Nov 2015 22:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20836

Actions (login required)

View Item View Item