PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 1 BRATI KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Netri Abdi Pangestuti, 3101411030 (2015) PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 1 BRATI KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411030-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan yang di anut dalam setiap Negara akan mewarnai operasionalisasi pendidikannya, baik menyangkut isi, bentuk struktur kurikulum maupun komponen pendidikan pokok yang lain, terdapat adanya korelasi antara system pendidikan dengan tingkat kemajuan dan kebudayaan suatu kelompok manusia atau suatu bangsa. Makin tinggi kebudayaan suatu bangsa makin tinggi dan makin kompleks pula, proses pendidikan yang terdapat pada bangsa yang bersangkutan. Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial menjadi terpadu yang meliputi sejarah, ekonomi dan geografi dan sudah tidak terpecah atau terpisah seperti pada kurikulum yang berlaku sebelumnya. Penerapan kurikulum tersebut menimbulkan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pembelajaran IPS Sejarah yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Brati Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini: (1) Mengetahui pembelajaran yang dilakukan oleh Guru IPS sejarah di SMP N 1 Brati, (2). Mengetahui apa yang menjadi kendala pembelajaran IPS sejarah bagi Guru dan siswa di SMP N 1 Brati, (3). Mengetahui upaya Guru Sejarah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran IPS Sejarah di SMP N 1 Brati Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, wakil kepala bidang kurikulum dan juga siswa di SMP Negeri 1 Brati Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS sejarah di SMP Negeri 1 Brati Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Pada Tahun Pelajaran 2015/2016 dikatakan belum sempurna melihat bagaimana guru masih mengajarkan materi IPS Sejarah secara terpisah namun bersatu dalam satu kesatuan yang disebut IPS dan penguasaan materi yang kurang sehingga pembelajaran IPS Sejarah tidak berjalan Optimal .Hambatan yang dihadapi guru lebih berkaitan dengan latar belakang pendidikan guru serta sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran yang masih amat sangat kurang memadai. Upaya yang dilakukan oleh guru itu sendiri adalah dengan menggali potensi diri sendiri serta diadakannya MGMP yang dilakukan oleh sekolah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebaiknya untuk pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah itu sendiri akan lebih baiknya jika sebelum mengubah suatu kebijakan dalam suatu pendidikan maka perbaiki dimulai dari lembaga yang terkecil dulu kemudian ke lembaga yang lebih besar lagi. Kalaupun pembelajaran IPS Sejarah tersebut tetap diterapkan maka untuk pengajarnya juga dari pengajar yang berlatar pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Hal itu untuk meminimalisir adanya hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah di sekolah tingkat satuan pendidikan menengah pertama karena sebaik apapun kebijakan itu kalau ujung tombaknya tidak dipersiapkan maka kebijakan juga tidak akan berjalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, IPS Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:16
Last Modified: 10 Nov 2015 22:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item View Item