PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Milla Yuant Nisaa, 3101411028 (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411028-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktifitas belajar siswa adalah salah satu hal yang tidak dapat dipungkiri memberikan pengaruh yang besar terhadap pembelajaran. Aktifitas belajar yang baik akan memberikan dampak yang baik pula terhadap pencapaian pemahaman materi bagi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah aktifitas belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang (2) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Mind Map pada pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang. (3) apakah ada pengaruh metode pembelajaran Mind Map pada pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel siswa sebanyak 34 orang sebagai objek penelitianya dari jumlah keseluruhan populasi kelas VII berjumlah 6 kelas. Variabel yang dibahas dalam penelitian ini variabel bebas yaitu metode pembelajaran Mind Map dan variabel terikat yaitu aktifitas belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, uji koefisien korelasi, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,6930 dengan r tabel 0,339. Berdasarkan angka koefisien korelasi yang lebih besar dari r tabel maka terdapat korelasi positif antara dua variabel tersebut. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif pada penelitian ini diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS di SMP N 2 Batang awalnya memiliki aktifitas belajar yang rendah kemudian ketika metode Mind Map digunakan, metode ini memberikan pengaruh terhadap aktifitas belajar siswa, yang berarti hipotesis nol yang disusun sebelumnya ditolak sehingga berarti metode Mind Map memberikan pengarruh terhadap aktifitas belajar siswa. Metode ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran IPS. Saran yang diajukkan adalah sebaiknya guru tidak berhenti berinovasi menggunakan metode pembelajaran yang baru dengan harapan siswa tertarik untuk belajar IPS sehingga aktifitas belajarnya tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Mind Map, Aktifitas Belajar Siswa
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:12
Last Modified: 10 Nov 2015 22:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item View Item