PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN E TERHADAP JUMLAH SPERMATOZOA MENCIT JANTAN MUS MUSCULUS YANG MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK MAKSIMAL


Taufiq Hidayat, 6211411143 (2015) PENGARUH PEMBERIAN VITAMIN E TERHADAP JUMLAH SPERMATOZOA MENCIT JANTAN MUS MUSCULUS YANG MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK MAKSIMAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6211411143-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas fisik maksimal berpotensi menyebabkan peningkatan Reactive Oxygen Species (ROS) dalam seminal plasma, yang mengakibatan penurunan jumlah spermatozoa. Vitamin E berperan sebagai antioksidan dapat melindungi jumlah spermatozoa dari pengaruh aktivitas fisik maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian vitamin E terhadap jumlah spermatozoa mencit jantan yang diberi aktivitas fisik maksimal. Desain penelitian eksperimental dengan menggunakan “post test only control group design”. Populasi dalam penelitian adalah mencit jantan. Sampel yang digunakan adalah 24 mencit jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok diantaranya kelompok I sebagai kontrol, II dengan aktivitas fisik maksimal, III dengan aktivitas fisik maksimal + 0,2 mg vitamin E, IV dengan aktivitas fisik maksimal + 0,4 mg vitamin E. Perlakuan dilakukan selama 28 hari. Perhitungan jumlah spermatozoa menggunakan pipet hisap hemositometer kemudian pemeriksaan dimikroskop. Data jumlah spermatozoa dianalisis dengan menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan Uji Tukey LSD. ANOVA satu arah menunjukan bahwa pemberian vitamin E dosis 0,2 mg dan 0,4 mg berpengaruh signifikan dalam meningkatkan jumlah spermatozoa mencit jantan. Simpulan hasil penelitian yaitu pemberian vitamin E berpengaruh terhadap peningkatan jumlah spermatozoa mencit jantan yang melakukan aktivitas fisik maksimal. Saran penelitian perlu dilakukan perhitungan dengan teliti yaitu pada saat pemeriksaan jumlah spermatozoa melalui parameter biokimia yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas fisik maksimal, Jumlah Spermatozoa, Vitamin E
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 21:47
Last Modified: 10 Nov 2015 21:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20827

Actions (login required)

View Item View Item