PERSEPSI GURU SEJARAH TENTANG KEBERADAAN SITUS BENTENG PORTUGIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Mila Desti Arum Sari, 3101411027 (2015) PERSEPSI GURU SEJARAH TENTANG KEBERADAAN SITUS BENTENG PORTUGIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411027-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan menggunakan bukti sejarah sebagai media pembelajaran akan membuat siswa antusias mengikuti pelajaran. Situs Benteng Portugis merupakan salah satu bukti sejarah yang ada diwilayah Kabupaten Jepara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah :bagaimana persepsi guru sejarah tentang keberadaan situs Benteng Portugis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Donorojo; bagaimana penggunaan situs Benteng Portugis sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Donorojo. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui persepsi guru sejarah tentang keberadaan situs Benteng Portugis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Donorojo; untuk mengetahui penggunaan situs Benteng Portugis sebagai media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Donorojo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian ini berfokus pada persepsi guru sejarah tentang keberadaan situs Benteng Portugis dalam pembelajaran sejarah tahun ajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Donorojo. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan metode peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data dapat dilakukan dengan cara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas. Hasil dari penelitian ini: Benteng Portugis dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, siswa antusias untuk mengikuti pelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs Benteng Portugis, adanya kendala-kendala yang dialami ketika memanfaatkan situs sebagai media pembelajaran membuat proses belajar berjalan kurang maksimal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: guru perlu memperbaharui informasi kesejarahan terbaru, memanfaatkan media, fasilitas yang telah tersedia dengan optimal dan menggunakan tempat-tempat bersejarah yang ada di sekitar lingkungan sekolah lebih sering dan rutin, pihak pengelola Situs Benteng Portugis perlu memperbaiki fasilitas dan menambah fasilitas. Misalkan, adanya pembukuan atau membuka museum mengenai sejarah Benteng Portugis itu sendiri, perlu adanya partisipasi dari berbagai pihak, misalkan pihak sekolah, pihak pengelola situs sejarah dan masyarakat untuk mewujudkan pembelajaran di tempat-tempat sejarah dengan nyaman dan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Keberadaan Situs, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 21:48
Last Modified: 10 Nov 2015 21:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20826

Actions (login required)

View Item View Item