PERILAKU KONSUMTIF PADA KALANGAN PRAMUNIAGA DI MATAHARI DEPARTMENT STORE KUDUS

Anita Pratiwi, 3401411106 (2015) PERILAKU KONSUMTIF PADA KALANGAN PRAMUNIAGA DI MATAHARI DEPARTMENT STORE KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (804Kb)

    Abstract

    Adanya globalisasi membawa dampak bagi masyarakat, salah satunya yakni munculnya produk-produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Banyak produk di pasaran dengan berbagai merek. Hal tersebut memunculkan persaingan antar produsen untuk menarik konsumen, sehingga dipilihlah pramuniaga sebagai strategi pemasaran. Kebiasan pramuniaga yang selalu tampil menarik di hadapan konsumen dan mengerti akan produk baru dan diskon, mengakibatkan pramuniaga mempunyai perilaku hidup boros dan menyebabkan berperilaku konsumtif. Pramuniaga menggunakan berbagai strategi untuk menunjang perilaku konsumtifnya. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui perilaku konsumtif pada kalangan pramuniaga di Matahari Department Store Kudus. 2) mengetahui strategi yang dilakukan pada kalangan pramuniaga di Matahari Department Store Kudus untuk menunjang perilaku konsumtifnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian terdapat di Matahari Department Store Kudus. Subjek penelitian adalah seluruh pramuniaga di Matahari Department Store Kudus. Informan utama penelitian ini adalah pramuniaga di Matahari Department Store Kudus. Informan pendukung dalam penelitian ini adalah pengunjung, tukang parkir, mantan pramuniaga di Matahari Department Store Kudus serta teman-teman dari informan utama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif pada kalangan pramuniaga di Matahari Department Store Kudus terdapat indikator-indikator yang melatarbelakangi munculnya perilaku konsumtif pada kalangan pramuniaga di Matahari Department Store Kudus. Indikator tersebut yaitu, membeli produk karena adanya diskon, membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, membeli produk bukan atas dasar manfaat atau kegunaannya, membeli produk hanya sekedar menjaga simbol status, memakai produk karena untuk melakukan imitasi terhadap idola, serta munculnya penilaian bahwa membeli produk dengan harga mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi. Dalam menunjang perilaku konsumtifnya, para pramuniaga ini melakukan berbagai strategi. Seperti melakukan penghematan dan melakukan pekerjaan sampingan. Komoditas atau barang yang dikonsumsi oleh pramuniaga sesungguhnya bukanlah atas manfaat dari barang tersebut, melainkan citra dan tanda dari komoditas tersebut. Mengkonsumsi suatu komoditas tertentu bagi pramuniaga dapat mengangkat citra diri pramuniaga tersebut, sehingga pramuniaga tersebut tidak ingin jika citra diri dalam dirinya itu turun dengan tidak menggunakan suatu produk yang dianggapnya mampu mengangkat citra dirinya. Akhirnya pramuniaga tersebut melakukan berbagai cara agar kebutuhan konsumsinya dapat terpenuhi. Strategi yang digunakan dalam menunjang perilaku konsumtif para pramuniaga ini pun bermacam-macam cara. Cara yang ditempuh antara lain, berhemat, dan melakukan pekerjaan sampingan. Strategi yang dilakukan oleh pramuniaga membuat pramuniaga-pramuniaga ini mempunyai penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan yang dimiliki oleh pramuniaga ini membuat pramuniaga ini semakin konsumtif. Perilaku pramuniaga yang sering membeli barang mewah menjadikan pramuniaga kecanduan. Menurut pramuniaga dengan mengenakan barang mewah citra diri pramuniaga makin meningkat. Prestise dan gengsi sosial yang dimiliki oleh pramuniaga di hadapan para anggota kelompoknya, membuat pramuniaga-pramuniaga ini ingin terus memperbaiki citra dirinya, hingga membuat pramuniaga ini mempunyai perilaku yang konsumtif Saran penelitian untuk pramuniaga Department Store Kudus agar dapat mengantisipasi perilaku konsumtif sehingga para pramuniaga dalam membeli barang dan menghabiskan uang lebih mempertimbangkan prioritas, faktor kebutuhan dan bukan berdasarkan faktor keinginan dan gengsi semata yang pada akhirnya bisa menyebabkan tidak terkontrolnya perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dapat diminimalkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak boros. Pramuniaga juga harus mampu mengatur waktu dengan baik ketika melakukan suatu pekerjaan sampingan agar tidak menganggu pekerjaan utama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Matahari Department Store, Perilaku Konsumtif, Pramuniaga
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    H Social Sciences > HM Sociology
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 16:38
    Last Modified: 10 Nov 2015 16:38

    Actions (login required)

    View Item