KEMAMPUAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Eka Wulandari, 1401411466 (2015) KEMAMPUAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN TEMATIK BERBASIS KTSP BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411466-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 Ayat 1 menyebutkan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, menyebutkan ada (4) kompetensi guru yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Sosial. Keterampilan dasar mengajar termasuk dalam kompetensi yang harus dikuasai oleh guru. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang sangat penting diterapkan oleh guru adalah membuka dan menutup pelajaran. Kegiatan membuka dan menutup pelajaran akan memberi manfaat bagi peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, kenyataan di beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Mijen menunjukkan bahwa keterampilan membuka dan menutup pelajaran belum dilaksanakan sesuai dengan tujuan pendidikan. Dari kondisi tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana guru menerapkan kemampuan membuka dan menutup pelajaran tematik berbasis KTSP di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel 15 guru dari lima sekolah dasar di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan data obsevasi kemampuan membuka dan menutup pelajaran di SDN Ngadirgo 01 memperoleh pencapaian 74%, SDN Ngadirgo 03 mencapai 58%, SDN Jatisari mencapai 73%, SDN Tambangan 01 mencapai 62% dan SDN Cangkiran 01 mencapai 62%. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 15 guru kelas rendah dari lima sekolah dasar di Kecamatan Mijen dapat disimpulkan bahwa guru telah mengembangkan kemampuan dasarnya dalam membuka dan menutup pelajaran tematik berbasis KTSP dengan baik. Kemampuan membuka dan menutup pelajaran tematik berbasis KTSP sebaiknya terus ditingkatkan oleh guru karena kemampuan ini sangat penting dalam mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guru, keterampilan, membuka, menutup, pelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:05
Last Modified: 10 Nov 2015 22:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20820

Actions (login required)

View Item View Item