PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVC SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG
HENI USWATUN HASANAH, 1401411464 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVC SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPS bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah sosial. Berdasarkan refleksi diri guru, kualitas pembelajaran IPS di SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang masih belum optimal menunjukkan beberapa permasalahn yaitu guru dalam mengajar masih monoton, kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, guru tidak menggunakan alat peraga dalam proses KBM sehingga siswa kurang aktif, cepat merasa bosan, kurang respon dan motivasi. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebagian besar belum mencapai KKM (70). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah penerapan model snowball throwing berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVC SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan penerapan model snowball throwing berbantuan media audiovisual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri tiga siklus, tiap siklus satu pertemuan. Tiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data terdiri dari analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru meningkat pada siklus I memperoleh skor 31 (baik), siklus II memperoleh skor 41 (sangat baik) dan siklus III memperoleh skor 48 (sangat baik). Aktivitas siswa meningkat pada siklus I memperoleh skor 27,98 (baik), siklus II memperoleh jumlah skor 31,97 (baik) dan siklus III memperoleh skor 36,51 (sangat baik). Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,1 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,5%, siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,5% dan siklus III memperoleh nilai rata-rata 90,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 95%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model snowball throwing berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang dalam pembelajaran IPS. Saran penelitian ini adalah guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar meningkat, salah satunya menggunakan model snowball throwing pada mata pelajaran lain
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual, IPS, Kualitas Pembelajaran, SD, Snowball Throwing. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 21:28 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 21:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20818 |
Actions (login required)
View Item |