PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG


DESTRIAWAHYU WIJAYANTI, 1401411458 (2015) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411458-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis, gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Hasil observasi dan refleksi diri peneliti dengan guru mitra di kelas IVA SDN Wonosari 02 Kota Semarang menunjukkan kualitas pembelajaran IPS masih belum maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya optimalisasi model dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil ulangan harian IPS dari 36 siswa hanya 17 siswa (47,22%) yang nilainya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65, sedangkan 19 siswa (52,78%) nilainya di bawah KKM, diperlukan suatu perbaikan pembelajaran melalui model mind mapping berbantuan media gambar. Rumusan masalah umum penelitian adalah bagaimanakah penerapan model mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa Kelas IVA SDN Wonosari 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model mind mapping berbantuan media gambar pada siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 1 kali pertemuan tiap siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 33 dengan kategori baik, siklus III memperoleh skor 42 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 18,28 kategori kurang baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 21,86 kategori baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 28,17 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 63,89%, meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan meningkat pada siklus III menjadi 97,22%. Berdasarkan analisis hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran IPS melalui model mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah guru dapat menerapkan model mind mapping berbantuan media gambar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambar, IPS, Kualitas Pembelajaran, Mind Mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 21:23
Last Modified: 10 Nov 2015 21:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20816

Actions (login required)

View Item View Item