HUBUNGAN ANTARA KELINCAHAN DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KECEPATAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA ( Survei Pada Siswa Putra Kelas V, VI SD Negeri 6 Blingoh, Jepara ) ( Tahun Pelajaran 2013/2014 )


Yesaya Dwiyuda, 6301408155 (2015) HUBUNGAN ANTARA KELINCAHAN DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KECEPATAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA ( Survei Pada Siswa Putra Kelas V, VI SD Negeri 6 Blingoh, Jepara ) ( Tahun Pelajaran 2013/2014 ). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301408155-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kelincahan dan panjang tungkai dengan kecepatan menggiring bola dalam permainan sepak bola. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara memakai subyek 13 subyek di dalam populasi yang jumlahnya 20 orang dengan usia rata 13 rata 10 13 11 tahun. Teknik total sampling yang dipergunakan dalam penelitian ini, terdiri dari semua siswa putra yang mengikuti seleksi PORSENI sebanyak 20 orang siswa kelas V, VI SD Negeri 6 Blingoh. Variabel dalam penelitian ini yaitu Kelincahan dan Panjang Tungkai sebagai variabel bebas. Sedangkan Kecepatan Menggiring Bola adalah sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan survey dengan teknik tes dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Hubungan antara kelincahan dengan kecepatan menggiring bola adalah hubungan yang positif sebesar 24,3%. 2) Hubungan antara panjang tungkai dengan kecepatan menggiring bola adalah hubungan yang negatif 0,6%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan : 1)Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan kecepatan menggiring bola. 2)Tidak ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan kecepatan menggiring bola. Akan tetapi potensi antropometri yang baik akan menunjang suatu penampilan sikap dan gerakan yang optimal dalam mengiring bola diposisi tertentu dan teknik khusus pada permainan sepak bola, sehingga potensi ini harus dikembangkan dalam pembinaan. Saran, dalam Upaya mengajarkan dan meningkatkan kemampuan menggiring bola hendaknya diperlukan terknik khusus untuk menggiring bola dengan benar sehingga kemampuan menggiring bola lebih baik, Siswa perlu mengoptimalkan kelebihan dalam hal panjang tungkai sehingga dapat meningkatkan kecepatan atau kemampuan menggiring bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelincahan, Panjang Tungkai, dan Kecepatan Menggiring Bola.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 21:00
Last Modified: 10 Nov 2015 21:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20803

Actions (login required)

View Item View Item