PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA

Alifah Dewi Restiyana, 5401410177 (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2956Kb)

    Abstract

    Proses belajar mengajar pada mata pelajaran membuat busana wanita di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa bahwa sebagian besar guru masih menggunakan metode pembelajaran teacher center. Teacher center merupakan pembelajaran langsung terfokus pada guru sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang dan cenderung tidak aktif. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa, salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan metode pembelajaran berkelompok seperti pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Melalui Pembelajaran NHT diharapkan siswa mampu menerapkan sikap kerjasama dan meningkatkan kreativitas, karena Pembelajaran NHT dapat membantu siswa dalam bekerja secara berkelompok dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar antara setelah diterapkan metode pembelajaran NHT, 2) Mengetahui seberapa besar perubahan hasil belajar setelah diterapkan metode pembelajaran NHT. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Pre Experimental Design yaitu Pre-test And Post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Busana butik sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling yaitu sebagian anggota populasi menjadi sampel sebanyak 17 siswa kelas XII busana 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar penilaian unjuk kerja Membuat Busana Wanita dengan menggunakan metode Pembelajaran NHT. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Penerapan Metode Pembelajaran NHT dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita kompetensi dasar menjahit saku pada Siswa kelas XII Tata Busana SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. 2) Besarnya Penerapan Metode Pembelajaran NHT pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita kompetensi dasar menjahit saku dalam kriteria sedang. Saran 1) Metode Numbered Head Together dapat diterapkan pada mata pelajaran lain selain mata pelajaran membuat busana wanita. 2) Guru harus dibiasakan untuk menerapkan berbagai macam metode pembelajaran sehingga guru mengetahui metode pembelajaran yang cocok untuk setiap mata pelajaran yang diampuh.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 10 Nov 2015 15:31
    Last Modified: 10 Nov 2015 15:31

    Actions (login required)

    View Item