PERBEDAAN HASIL LATIHAN VOLLEY DENGAN METODE VOLLEYS AGAINST THE FENCE DAN DOWN THE LINE VOLLEYS TERHADAP KEMAMPUAN BACKHAND VOLLEYPADA IKK TENIS UNNES TAHUN 2013


Dwi Bagus A. S, 6301409072 (2015) PERBEDAAN HASIL LATIHAN VOLLEY DENGAN METODE VOLLEYS AGAINST THE FENCE DAN DOWN THE LINE VOLLEYS TERHADAP KEMAMPUAN BACKHAND VOLLEYPADA IKK TENIS UNNES TAHUN 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301409072-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apakah ada pengaruh hasil latihan Volley dengan metode Volleys AgainstThe Fence terhadap kemampuan Backhand Volley pada IKK Tenis Unnes tahun 2013, 2) Apakah ada pengaruh hasil latihan Volley dengan metode Down The LineVolleys terhadap kemampuan Backhand Volley pada IKK tenis Unnes tahun 2013, 3) Apakah ada perbedaan hasil latihan volley dengan metode VolleysAgainst The Fence dan Down The Line Volleys terhadap kemampuan Backhand Volley pada IKK tenis Unnes tahun 2013. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui pengaruh hasil latihan volley dengan metode Volleys Agaist The Fence terhadap kemampuan Backhand Volley pada IKK Tenis Unnes tahun 2013, 2) Mengetahui pengaruh hasil latihan volley dengan metode Down The Line Volleys terhadap kemampuan Backhand Volley pada IKK Tenis Unnes tahun 2013, 3) Mengetahui perbedaan hasil latihan volley antara metode Volleys Agaist The Fence dan Down The Line Volleys terhadap kemampuan Backhand Volley pada IKK Tenis Unnes tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian mahasiswa IKK Tenis Universitas UNNES Tahun 2013 sebanyak 15 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 14 mahasiswa. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode Volleys Against The Fence sebagai kelompok eksperimen, Metode Down The Line Volleys sebagai kelompok kontrol, dan sebagai Variabel terikatnya adalah Kemampuan Backhand Volley. Instrumen test yang digunakan dalam penelitian ini adalahTimmers Tennis Skill Test. Hasil analisis data diperoleh 1) hasil nilaithitung = -5.50< ttabel= 2,45 untuk taraf signifikasi 5% dengan dk 6, hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan dari latihan Metode Volleys Against The Fence sebelum dan sesudah mendapat perlakuan, 2) hasil nilai thitung = -1,61< ttable = 2,45 untuk taraf signifikasi 5% dengan dk 6, hal ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan dari latihan Metode Down The Line Volleys sebelum dan sesudah mendapat perlakuan, 3) hasil nilai t hitung = 3,24< ttabel = 2,45 untuk taraf signifikasi 5% dengan dk 6, hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara latihan Metode Volleys Against The Fence dengan Metode Down The Line Volleys sesudah mendapat perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara latihan Metode Volleys Against The Fence dengan Metode Down The Line Volleys terhadap kemampuan volley pada IKK Tenis Universitas Negeri Semarang tahun 2013. Saran penulis adalah 1) Bagi pelatih dalam usaha meningkatkan kemampuan Backhand volleyspada petenis dapat dilaksanakan juga latihan volley dengan MetodeVolleys Against The Fence karena sudah terbukti, 2) Bagi pelatih tenis hendaknya memberikan program secara berimbang antara latihan fisik, teknik, taktik dan mental dalam meningkatkan kemampuan volley pada petenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Volleys Against The Fence, Down the Line Volleys, Backhand Volley
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 20:25
Last Modified: 10 Nov 2015 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item View Item