SUMBANGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA EKSTRAKURIKULER SISWA SD NEGERI 03 YOSOREJO PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014


Abdul Munir, 6301409102 (2015) SUMBANGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA EKSTRAKURIKULER SISWA SD NEGERI 03 YOSOREJO PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301409102-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (854kB) | Preview

Abstract

Banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh para pelatih sepak takraw dalam memberikan program latihan kepada anak didiknya agar dapat bermain dengan baik dan berprestasi. Rumusan masalah penelitian: 1)Seberapa besar sumbangan kekuatan otot tungkai terhadap hasil dalam permainan sepak takraw?, 2)Seberapa besar kelentukan terhadap hasil dalam permainan sepak takraw?, 3)Seberapa besar sumbangan kekuatan otot tungkai dan kelentukan baik secara terpisah maupun bersama-sama terhadap hasil servis dalam permainan sepak takraw pada ekstrakurikuler siswa SD Negeri 03 Yosorejo Petungkriyono Kabupaten Pekalongan tahun 2014? Jenis penelitian deskriptif komparatif menggunakan metode survei dengan tes. Pemilihan sempel dengan total sampling. Populasi berjumlah 12 siswa didik pada ekstrakurikuler di SD Negeri 03 Yosorejo Petungkriyono Kabupaten Pekalongan tahun 2014. Variabel bebas penelitian kekuatan otot tungkai dan kelentukan sedangkan variabel terikat kemampuan servis bawah. Instrumen kekuatan otot tungkai menggunakan back and leg dynamometer, tes kelentukan menggunakan sit and reach, dan servis bawah menggunakan tes servis bawah. Teknik analisis data menggunakan regresi dan korelasi sederhana dan ganda dengan program SPSS versi 20 for windows. Hasil penelitian : 1) Uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 0,668 ini berarti kekuatan otot tungkai memberikan sumbangan terhadap servis bawah sebesar 66,8%, 2) Koefisien Determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 0,350 ini berarti kelentukan memberikan sumbangan terhadap servis bawah sebesar 35%, 3) Uji Koefisien Determinasi Ganda diperoleh nilai Adjusted R2 = 0.822 ini berarti memberikan sumbangan terhadap kekuatan otot tungkai dan kelentukan secara bersama-sama terhadap servis bawah sebesar 82,2%. Saran penelitian adalah : 1) Sebaiknya untuk pelatih dapat meningkatkan kualitas hasil servis siswa hendaknya memprioritaskan peningkatan kekuatan otot tungkai dan kelentukan, karena faktor ini paling berpengaruh dalam meningkatkan kualitas servis, 2) Bagi para siswa hendaknya selalu berlatih, agar kemampuan servis dalam permainan sepak takraw lebih baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan, Servis Bawah
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 20:03
Last Modified: 10 Nov 2015 20:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item