PENGARUH LATIHAN HALF SQUAT DAN HALF SQUAT BANGKU TERHADAP POWER TUNGKAI SISWA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMA NEGERI 5 MAGELANG TAHUN 2015


Gilang Winahyu Prabowo, 6301410006 (2015) PENGARUH LATIHAN HALF SQUAT DAN HALF SQUAT BANGKU TERHADAP POWER TUNGKAI SISWA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMA NEGERI 5 MAGELANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6250408006-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Apakah ada perbedaan antara latihan half squat dan half squat bangku terhadap power tungkai, 2) Manakah yang lebih baik antara latihan half squat dan half squat bangku terhadap power otot tungkai pada siswa ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 5 Magelang. Metode yang digunakan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian sevabyak 18 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 18 siswa putra dengan menggunakan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini latihan half squat (x1) latihan half squat bangku (x2) dan variable terikat power otot tungkai (y). Instrument yang digunakan berupa tes vertical jump. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test short method. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan 1) pengaruh latihan Half Squat terhadap power tungkai sebesar 7,634, latihan Half Squat bangku terhadap power tungkai 2,831, 2) perbedaan pengaruh antara Half squat dan Half Squat Bangku terhadap power tungkai 2,131. Tidak terdapat perbedaan karena t-hitung< t-tabel. t-tabel adalah 2,306. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh latihan Half Squat terhadap power tungkai, 2) ada pengaruh latihan half squat bangku terhadap power tungkai 3) tidak ada perbedaan antara latihan half squat dan half squat bangku terhadap power tungkai 4) Tidak ada yang lebih baik antara half squat dan half squat bangku. Saran penulis adalah: 1) Bagi pelatih dalam melatih power tungkai pada pemain bolavoli hendaknya selalu memberikan variasi latihan, salah satunya memberikan latihan half squat dan half squat bangku. 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi atau acuan maupun inspirasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Half Squat, Latihan Half Squat Bangku, Power otot tungkai.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:46
Last Modified: 10 Nov 2015 19:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20789

Actions (login required)

View Item View Item