UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAKAN LAY UP SHOOT BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pati Tahun 2014)


Brian Gentur Setiawan, 6301410027 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAKAN LAY UP SHOOT BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTORIAL TEMAN SEBAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA 3 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pati Tahun 2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301410027-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teman Sebaya. Pendidikan jasmani bersifat menyeluruh, tidak hanya terpaku pada aspek psikomotor (keterampilan), melainkan mencakup aspek kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap). Model pembelajaran seringkali dirasa kurang variasi dan monoton. Sebagai contoh pada pembelajaran bola basket menggunakan model pembelajaran secara demonstrasi. Tidak semua anak mampu memahami apa yang guru demonstrasikan dan tidak semua anak berani bertanya langsung kepada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 dalam melakukan gerakan Lay Up Shoot pada permainan bola basket di SMA Negeri 2 Pati tahun 2014?” Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) prosedur penelitian tindakan kelas meliputi tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (action), tahap observasi (observation), dan tahap refleksi (reflection). Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dilapangan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah silabus, RPP, dan instrumen penilaian yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Ketuntasan belajar klasikal yang harus dicapai pada pembelajaran Lay Up Shoot adalah 75%. Nilai ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 74,37% (belum tuntas). Sedangkan nilai ketuntasan belajar klasikal pada siklus II mencapai 86,02% (tuntas). Peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan siklus II (gain) sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Saran dari peneliti yaitu sebagai sumbangan informasi dibidang penelitian dalam melakukan penelitian tindakan kelas pembelajaran pendidikan jasmani. Memotivasi guru untuk lebih kreatif dalam pengembangan proses pembelajaran. Meningkatkan hasil belajar dan keterampilan Lay Up Shoot.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Penjas, Bola Basket, Lay Up Shoot, Tutorial Teman Sebaya
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:42
Last Modified: 10 Nov 2015 19:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20788

Actions (login required)

View Item View Item