RELASI KERJA ANTARA JURAGAN DENGAN BURUH DI PABRIK GENTENG SOKKA “INDAH”(Studi Kasus di Desa Pejagoan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen)


Eni Susantiningsih, 3401411072 (2015) RELASI KERJA ANTARA JURAGAN DENGAN BURUH DI PABRIK GENTENG SOKKA “INDAH”(Studi Kasus di Desa Pejagoan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411072-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (945kB) | Preview

Abstract

Masyarakat desa di Pejagoan memiliki mata pencaharian selain di sektor pertanian juga di sektor industri.Salah satu pabrik yang berkembang di pedesaan yang menjadi sumber penghasilan desa Pejagoan adalah pabrik Genteng Sokka “Indah” Kebumen.Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui relasi kerja yang terjalin antara juragan dengan buruh di pabrik Genteng Sokka “Indah” Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen, (2) mengetahui implikasi relasi kerja antara juragan dengan buruh terhadap kesejahteraan buruh yang bekerja di pabrik Genteng Sokka “Indah” Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Lokasi penelitian ini adalah di pabrik Genteng Sokka “Indah” Desa Pejagoan Kabupaten Kebumen.Subjek penelitian ini sebanyak 12 informan yang terdiri dari informan utama dan pendukung.Informan utama sebanyak 6 individu juragan dan buruh pabrik yang diambil secara acak.Informan pendukung penelitian ini sebanyak 6 individu yang terdiri dari buruh pabrik, staf kelurahan, ketua RW 5, warga desa Pejagoan.Analisis hasil penelitian menggunakan konsep Patron Klien dari James C. Scott. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Relasi kerja yang terjalin antara juragan dengan buruh pabrik bersifat terbuka dan kekeluargaan, karena juragan memunyai hubungan khusus dengan buruh yang terlihatpada waktu pulang kerja.buruh yang masih memunyai hubungan kekeluargaan tidak langsung pulang, namun sekedar mampir untuk makan. Relasi kerja yang terjalin merupakan hubungan kerja yang bersifat patron klien. Ciri pertama:adanya ketidakseimbangan dalam pertukaran, kedua: adanya sifat tatap muka dan ciri ketiga: sifatnya luwes dan meluas. (2) Implikasi relasi kerja antara juragan dengan buruh terhadap kesejahteraan buruh di pabrik genteng Sokka “Indah” adalah pengusaha menjamin pekerjaan yang sangat lama kepada para buruh seperti menjamin jam kerja yang lebih panjang dan memberikan keleluasaan untuk bekerja di pabrik genteng Sokka “Indah” Kebumen. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah pihak pabrik genteng sokka lebih meningkatkan upaya hubungan yang lebih akrab dengan sesama supaya dapat membentuk hubungan kerja yang lebih baik lagi serta dapat mempertahankan hubungan yang sudah baik selama ini dan lebih memperhatikan lagi tingkat kesejahteraan buruh di pabrik genteng Sokka “Indah”. Dengan cara bersama-sama lebih melibatkan diri dalam kegiatan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buruh Pabrik Genteng Sokka, Juragan, Relasi Kerja
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:24
Last Modified: 10 Nov 2015 19:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20779

Actions (login required)

View Item View Item