PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK BOOKLET SEJARAH INDONESIA PADA MATERI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Listya Septiwiharti, 3101411016 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK BOOKLET SEJARAH INDONESIA PADA MATERI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411016-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perlu pengembangan bahan ajar sejarah pokok bahasan pertempuran lima hari di Semarang karena kurangnya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum, karakteristik sasaran dan kebutuhan siswa dan beberapa peninggalan sejarah di Semarang pada zaman kolonial maupun sesudahnya yang kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Ditambah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih sehingga siswa malas untuk mencari dan membaca sejarah melalui buku. Untuk itu, peneliti mengembangkan bahan ajar sejarah dengan metode RnD ( Research and Development) yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bahan ajar yang selama ini digunakan dalam sejarah Indonesia tentang pertempuran lima hari di Semarang bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Semarang, (2) menghasilkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajaran sejarah pada materi sejarah Indonesia tentang pertempuran lima hari di Semarang bagi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Semarang, (3) mengetahui dan menganalisis keefektifan bahan ajar yang di kembangkan dalam pembelajaran sejarah Indonesia tentang pertempuran lima hari di Semarang terkait dengan minat belajar sejarah bagi kelas XI IPS Negeri 1 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahan ajar yang dikembangkan berbetuk booklet materi pertempuran lima hari di Semarang, (2) siswa lebih paham dengan materi pertempuran lima hari di Semarang, siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar dan siswa lebih termotivasi dan mudah memahami pelajaran sejarah, minat belajar dan rasa ingin tahu siswa lebih tinggi, dan (3) keefektifan booklet membawa pengaruh positif terhadap minat belajar. Simpulan penelitian ini adalah (1) pengembangan bahan ajar sejarah melalui dua tahap pengujian yaitu oleh tim Ahli dan oleh lingkup sekolah, (2) penerapan bahan ajar sejarah mampu membuat peserta didik lebih tertarik belajar sejarah, berai mengemukakan pendapat, berperan aktid dalam pembelajran dan menghargai pendapat orang lain, (3) penerapan pengembangan bahan ajar yang telah dilakukan oleh peneliti membawa pengaruh positif terhadap minat belajar sejarah peserta didik. Berdasarkan beberapa simpulan di atas, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: guru sebaiknya mulai mengembangan bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang ada bahan ajar yang baik hendaknya memenuhi kriteria yang efektif, efisien dan inovatif (menarik) dan mengikuti perkembangan IPTEK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Sejarah, Booklet, Sejearah Indonesia, Tantangan Awal Indonesia Merdeka, Minat Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:21
Last Modified: 10 Nov 2015 19:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20773

Actions (login required)

View Item View Item